Penjelasan Penyakit Tortikolis Dan Terapi Homecare Yang Pas Untuk Mengatasinya
Indo Homecare
139
Creator: Muhammad Imam Al Farrabi Jumat, 08 Desember 2023

Apakah kamu pernah denger soal penyakit Tortikolis? Mungkin banyak orang yang nggak pernah denger penyakit itu, karena memang itu adalah kasus yang jarang disorot. Tortikolis adalah kelainan atau gangguan yang berasal dari bawaan lahir dimana adanya gangguan pada otot leher si penderita, namun penyakit itu bisa aja terjadi karena adanya gangguan medis tertentu. Nah, biar bisa lebih paham soal penyakit ini, yuk kita langsung aja simak artikelnya dibawah!

 

 

 

 

Apa Itu Penyakit Tortikolis?

 

 

Kayak yang udah dijelasin secara singkat diatas, penyakit tortikolis adalah gangguan atau kelainan yang bisa aja berasal dari bawaan lahir atau adanya gangguan medis tertentu pada beberapa kasus. Nah, kondisi yang biasanya dialami oleh penderita adalah posisi kepala yang sulit untuk sejajar atau tegak dan cenderung untuk miring ke salah satu bagian.

 

Penyakit ini bisa terjadi karena salah satu bagian otot di sisi tertentu lebih pendek dibandingin sama otot yang ada di sisi yang sebelahnya. Penyebab dari penyakit ini sampe sekarang masih susah untuk dipahami, tapi ada beberapa alasan yang udah diketahui, berikut adalah daftarnya:

 

1. Bawaan lahir,

2. Adanya kelainan genetik,

3. Terjadi cedera pada otot di bagian leher,

4. Adanya penebalan abnormal di jaringan otot pada bayi,

5. Penggumpalan darah di bagian otot leher pada bayi,

6. Adanya cedera atau infeksi yang menyebabkan pembengkakan,

7. Ada penyakit lain yang mempengaruhi otot leher penderita.

 

 

Baca Juga: Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Herpes Simplex

 

 

Apa Gejala Yang Bisa Diliat Untuk Mendeteksi?

 

 

Pada bayi, gejala yang paling mudah dideteksi adalah dengan ngeliat apakah posisi kepala si bayi cenderung untuk miring ke salah satu sisi atau nggak. Tapi ada beberapa gejala lain yang bisa diamati kepada bayi, yaitu:

 

1. Adanya benjolan lunak di bagian leher,

2. Bentuk wajah yang nggak simetris,

3. Bayi cenderung untuk menyusu pada salah satu bagian saja,

4. Otot leher terlihat tegang,

5. Kepala yang sering bergetar,

6. Sulit untuk mengangguk atau menggelengkan kepala.

 

Terus Gimana Cara Untuk Membantu Memulihkannya?

 

 

Ada loh satu terapi yang cocok banget buat ngebantu si penderita, khususnya bayi yang mana pemulihan bakal berjalan dengan lebih cepet. Karena kalo penyakit ini baru dikasih perawatan yang dibutuhin, bakal sulit untuk mengembalikannya seperti normal. Terapi yang dimaksud adalah Fisioterapi homecare dimana penderita akan dikasih perawatan yang dibutuhin pada bagian leher bayi dengan lembut dan bakal dilakuin secara langsung di rumah si pasien.

 

Terapi yang dikasih biasanya berupa peregangan otot leher serta punggung bayi, memijat bagian otot leher yang pendek, bahkan bisa menggunakan terapi listrik dengan Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) yang biasanya dipake selama proses fisioterapi. Terapi ini bakal ngebantu banget untuk menormalkan posisi kepala yang sebelumnya miring bisa kembali lurus dan nggak mengalami nyeri lagi di bagian lehernya.

 

Seperti itulah penjelasan mengenai penyakit tortikolis dan rekomendasi akan terapi yang bisa dilakuin, baik untuk orang dewasa maupun yang masih bayi. Ada baiknya kalo bayi udah teridentifikasi terkena penyakit ini untuk segera dibawa ke dokter dan konsultasikan dengan dokter biar kamu bisa memutuskan apa yang harus dilakuin selanjutnya. Fisioterapi homecare bisa jadi alternatif pengobatan untuk si bayi tanpa perlu menggunakan obat-obatan bagi sang bayi.

 

 

Rekomendasi Artikel Terkait:

1. Apa Itu Home Care? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya

2. Mengenal Arti Home Care Yang Sebenarnya

3. Tempat Mendapatkan Home Care Terbaik Di Indonesia

Referensi
  • Tidak ada referensi

Komentar

Posting Sebuah Komentar