Bagaimana Sejarah Perkembangan Layanan Home Care Di Indonesia?
Indo Homecare
378
Creator: Muhammad Imam Al Farrabi Senin, 06 November 2023

Seperti yang telah kita ketahui bahwa layanan home care saat ini telah berkembang dengan pesat di Indonesia, hal ini tentu didukung dengan perkembangan teknologi serta kemampuan seseorang dalam mendapatkan perawatan yang dibutuhkan jika dilihat dari faktor biaya. Tahukah kamu bahwa pelayanan itu sudah ada bahkan sebelum Negara Indonesia merdeka? Untuk kamu yang penasaran akan sejarah perkembangan layanan home care di Indonesia, yuk simak artikel ini bersama-sama.

 

Bagaimana Sejarah Pelayanan Tersebut?

Sebenarnya pelayanan kesehatan yang dilakukan secara langsung di rumah bukan lagi menjadi hal yang baru, hal ini dikarenakan sejak dahulu orang Indonesia memiliki jiwa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi orang lain, terutama kepada anggota keluarga sendiri. Hal ini masih bisa dilihat dengan adanya praktik “Kerokan Badan” yang mana bagian punggung sang pasien akan dikerok yang biasanya menggunakan koin dan minyak pijat tertentu sebagai pelumas agar tidak melukai bagian luar kulit. Nah, kerokan badan merupakan salah satu contoh penerapan layanan ini sejak dahulu kala.

 

 

 

 

Nah, sedangkan jika dilihat berdasarkan catatan yang terukir dalam sejarah di Indonesia, ada satu catatan sejarah yang bisa dibilang menjadi dasar akan perawatan home care. Berikut adalah sejarahnya:

 

 

Baca Juga: Apa Saja Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Perawat Home Care

 

 

1. Berawal Dari RS Budi Kemuliaan Di Jakarta

RS Budi Kemuliaan adalah rumah sakit yang menjadi tempat pendidikan bidan tertua di Indonesia. Semenjak awalnya rumah sakit tersebut didirikan pada tahun 1917 sampai pada tahun 1975, sudah ada pelayanan home care dimana program tersebut dulunya disebut dengan “Patrus Luar”. Nah, dalam program Patrus Luar tersebut, baik bidan maupun siswa bidan yang berada disana memberikan bantuan kepada para ibu selama menjalani proses persalinan secara normal di rumah sang pasien secara langsung.

 

Setelah pelayanan persalinan tersebut berjalan dengan lancar, pelayanan mulai berkembang dengan memberikan perawatan nifas (Pendarahan dari rahim pasca melahirkan) dan kondisi bayi neonatal (Prematur) oleh siswa bidan senior sampai tali pusat bayi lepas. Nah, pelayanan yang diberikan tersebut akan kemudian dibuat laporan tertulis kepada RS mengenai kondisi sang ibu dan bayi beserta dengan segala tindakan yang dilakukan. Seiring dengan perubahan kebijakan Departemen Kesehatan Indonesia yang memisahkan organisasi pendidikan dan pelayanan kesehatan, program ini mulai terhenti.

 

2. Pengenalan Home Care Oleh Departemen Kesehatan RI

Layanan ini mulai mendapatkan pengakuan oleh pemerintah Indonesia, tepatnya Departemen Kesehatan RI dengan mengeluarkan artikel pada tahun 2002 dengan kutipan “Home Care adalah adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan secara berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga ditempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit. Beberapa penyakit tersebut memerlukan perawatan yang lama atau dalam jangka panjang dan memerlukan penyedia layanan keperawatan yang berkelanjutan yaitu perawatan transisi, yang berfungsi memanajemen pasien ketika dirumah sehingga perawatan tetap berlanjut (kontinuitas)”. Dengan dikeluarkannya pengenalan terhadap layanan ini secara langsung oleh Depkes, maka secara tidak langsung Depkes telah mengakui akan pelayanan tersebut.

 

Kesimpulan

Jadi itulah sejarah mengenai perkembangan layanan home care di Indonesia. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata pelayanan home care sudah diterapkan secara langsung bahkan sebelum istilah home care diperkenalkan di Indonesia. Yang awalnya hanyalah program yang dikhususkan dalam membantu persalinan atau sang bayi, kini sudah mengalami banyak sekali perkembangan yang sangat membantu masyarakat Indonesia saat ini.

 

Saran

Nah, untuk kamu yang membutuhkan perawatan ataupun pelayanan kesehatan secara langsung di rumah, Indo Homecare adalah pilihan yang tepat buatmu. Kamu bisa mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dengan menghubungi Indo Homecare sekarang juga melalui situs resmi Indo Homecare DISINI atau menghubungi Customer Service kami (0811 – 9777 – 292).

Referensi
  • Tidak ada referensi

Komentar

Posting Sebuah Komentar