Mari Mengenal Tentang Penyakit Tiroid Dan Apa Manfaat Pengecekan Di Laboratorium!
Laboratorium
122
Creator: Muhammad Imam Al Farrabi Selasa, 24 Oktober 2023

Apakah anda pernah mendengar tentang penyakit gondok? Jika iya, maka itu merupakan salah satu contoh dari penyakit tiroid. Nah, sebenarnya tiroid merupakan kelenjar yang dibutuhkan oleh tubuh agar metabolisme serta fungsi tubuh bisa terus berfungsi dengan baik. Nah, disini kita akan mengetahui lebih lanjut tentang penyakit tiroid serta manfaatnya melakukan pengecekan di laboratorium.

 

Apa Itu Penyakit Tiroid?

Penyakit tiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid mengalami gangguan atau permasalahan. Yang membuat adanya gangguan adalah jika produksi hormon yang terlalu tinggi atau rendah sehingga gangguan pada tiroid bisa terjadi. Nah, sebenarnya kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk tetap menjaga fungsi tubuh agar bisa bekerja dengan lancar.

 

 

 

 

Apa Saja Penyakit Tiroid?

 

1. Penyakit Gondok

Seperti yang telah disebutkan di awal, penyakit gondok adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid. Penyakit gondok dapat terlihat dengan adanya bengkak pada bagian leher penderita.

 

2. Nodul Tiroid

Nodul tiroid ini kurang lebih mirip seperti gondok, yaitu adanya benjolan pada bagian leher yang berisi air. Nodul tiroid bisa berupa tumor jinak atau kista, namun masih tetap memerlukan pengecekan lebih lanjut.

 

3. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi dimana produksi hormon tiroid yang terlalu rendah sehingga menyebabkan kemampuan metabolisme pada tubuh yang cenderung lambat. Komplikasi yang dialami bisa menyebabkan gagal jantung, penurunan suhu tubuh, dan masih ada lagi yang lainnya.

 

4. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah kebalikan dari hipotiroidisme, yaitu kondisi dimana produksi hormon tiroid yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan metabolisme yang terlalu cepat. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan serta detak jantung yang cepat.

 

5. Kanker Tiroid

Jika terdapat sel abnormal pada kelenjar tiroid, maka penderita akan beresiko terjadi kanker tiroid. Namun kanker tiroid masih bisa disembuhkan jika mendapatkan penanganan dengan cepat.

 

Lalu Kenapa Harus Melakukan Pengecekan Tiroid Di Laboratorium?

Dengan melakukan pengecekan tiroid di Laboratorium, pasien akan bisa mendapatkan diagnosis awal dengan cepat dan bisa dengan segera mendapatkan penanganan oleh tim medis untuk membantu penyembuhan penyakit yang anda alami.

 

Kesimpulan

Seperti itulah penjelasan mengenai penyakit tiroid serta manfaat melakukan pengecekan di laboratorium. Indo Homecare pernah mendapatkan panggilan untuk melakukan tes laboratorium untuk pasien yang terlihat mengalami pembengkakan di bagian lehernya. Setelah dilakukan pengujian laboratorium, hasil menunjukkan bahwa pasien mengalami penyakit gondok sehingga ia bisa mendapatkan penanganan secara langsung.

 

Saran

Nah, untuk anda yang berada di wilayah Jabodetabek dan membutuhkan pengujian laboratorium di rumah secara langsung, Indo Homecare adalah pilihan terbaik bagi anda. Yuk, hubungi kami sekarang juga dengan mengunjungi situs resmi kami DISINI atau menghubungi Customer Service kami (0811 – 9777 – 292).

Referensi
  • Tidak ada referensi

Komentar

Posting Sebuah Komentar