Gejala Dan Jenis Tes Autoimun Yang Dilakukan Dalam Laboratorium
Laboratorium
263
Creator: Muhammad Imam Al Farrabi Sabtu, 28 Oktober 2023

Apakah anda pernah mendengar tentang penyakit autoimun? Jika belum pernah mendengar penyakit tersebut, mungkin anda pernah mendengar tentang penyakit lupus. Nah, lupus merupakan komplikasi yang disebabkan oleh penyakit autoimun, dimana sistem imunitas pada tubuh menyerang sel-sel pada tubuh itu sendiri yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan virus atau hal lain yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai gejala serta jenis tes autoimun yang bisa dilakukan.

 

 

 

 

Apa Saja Gejala-Gejala Yang Bisa Dialami?

Ada banyak gejala-gejala yang bisa dialami oleh penderita sebagai penanda bahwa dirinya mengalami penyakit autoimun. Berikut adalah gejalanya:

- Nyeri pada badan tanpa alasan yang jelas

- Nyeri pada bagian sendi

- Lemas, mudah lelah, dan tidak bertenaga

- Rambut mengalami kerontokan

- Adanya ruam pada bagian kulit

- Demam ringan

 

Gejala-gejala yang telah disebutkan diatas sering membuat dokter yang menangani pasien menjadi salah diagnosis, hal ini dikarenakan gejala yang dialami masih bergantung dengan organ yang mengalami gangguan.

 

 

Baca Juga: Yuk Mengenal Perawat Medis Intensif Homecare!

 

 

Lalu Apa Saja Jenis-Jenis Pemeriksaannya?

Untuk mengetahui penyakit autoimun adalah penyakit yang sedang dialami oleh pasien, ada banyak jenis pemeriksaan yang mungkin dilakukan agar dokter bisa mendiagnosis pasien secara akurat. Berikut adalah jenis pemeriksaan yang dilakukan:

- Antibodi Antinuklear (Tes ANA)

- Tes Protein C-Reaktif

- Tes Anti-Cyclic Citrullinated Peptide

- Tes Ferritin

- Tes Enzyme-Linked Immunosorbent Assay

- Tes Imunoglobulin

- Tes Rheumatoid Factor

- Dan tes-tes lainnya

 

Kesimpulan

Jadi itulah gejala-gejala serta jenis tes autoimun yang dilakukan untuk membantu dokter dalam melakukan diagnosis yang tepat. Tentunya penyakit autoimun tidak bisa diremehkan serta dibiarkan berkembang tanpa adanya pengobatan yang tepat, oleh karena itulah perlu dilakukan pengetesan kepada pasien agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Saran

Nah, untuk anda yang membutuhkan pemeriksaan laboratorium tanpa perlu meninggalkan kenyamanan rumah, Indo Homecare adalah pilihan yang tepat bag anda. Yuk, langsung pesan pelayanan kesehatan sekarang juga dengan mengunjungi situs resmi Indo Homecare dengan menekan gambar diatas ini atau menghubungi Customer Service kami (0811 – 9777 – 292). Indo Homecare, Layanan Homecare Keluarga.

 

Rekomendasi Artikel Terkait:

1. Jenis-Jenis Tes Biomarker Tumor Itu Apa Saja?

2. Apa Saja Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Di Tes Laboratorium?

3. Apa Saja Penyakit Yang Bisa Terdeteksi Dengan Pengujian Feses Di Laboratorium?

Referensi
  • Tidak ada referensi

Komentar

Posting Sebuah Komentar