Menu Tutup

Manfaat Stretching Dalam Olahraga

   Yang dimasud dengan stretching atau peregangan otot biasanya merupakan bagian dari pemanasan dan pendinginan bagi orang-orang yang berolahraga. Stretching juga dapat meningkatkan rentang gerak, fleksibilitas, sirkulasi dan keberhasilan dari seluruh latihan otot. Dalam berolahraga stretching sangat baik untuk peregangan tubuh, dan dilakukan untuk menghindari dari adanya cedera dalam tubuh kita. Namun bukan hanya itu saja, banyak lagi hal dalam pentingnya dalam stretching itu.

    beberapa orang melakukan stretching itu sebelum melakukan olahraga, akan tetapi stertching juga dapat digunakan dalam sela-sela berolahraga,  agar otot tetap fleksibel, tetapi ada orang yang juga gemar meninggalkan stretching dan itu akan dapat dampak yang buruk juga, dan lebih besar mengalami cedera. Dan manfaat stretching dalam hidup kita juga banyak, membuat otot kuat dan lebih lentur, sehingga fleksibilats dalam tubuh sangat baik, dan stretching juga dapat membantu sirkulasi dalam tubuh, dan dapat mengurangi stress.

   Jenis- jenis Stretching yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari : 

     1. Stretching Statis jenis peregang ini satu yang dilakukan dari setiap yang dilakukan setiap orang, stretching  biasana dilakukan 10-30 detik dalam melakukan nya, dan stretching ini biasanya dilakukan untuk kebugaran jasmani.

     2. Stretching Dinamis dilakukan dengan berbagai tantang yang ada diluar, dan strething dinamis umunya dilakukan 10-12 kali, meski dinamis stretching ini memerlukan koordinasi yang lebih tinggi dibandngkan pereganganstatis yang dilakukan.

    3. Stretching Pasif merupakan jenis peregang yang memerlukan bantuan beragam alat, merupakan alat bantu dan untuk alat bantu pun beragam.

    4. Stretching Aktif merupakan peregangan yang mengakibatkan kontajksi otot yang bertentangan dalam hidup, peregangan aktif ini sangat sangat menantang otot 

     Selain tu stretching juga tidak boleh digunakan sebelum berolahraga karena tidak benar-benar membantu tubuh beradaptasi. Bhakn semua orang sudah meningkatkan fleksibilatas otot yang luar biasa sehingga tidak perlu dalam bergerak. dan sangat berguna untuk mengembalikan fleksibilats otot setelah tubuh berulangkali aktif, atau tidak begerak dalam waktu yang lama.

 

Penulis : Ester Sibarani

 

 

 

REFRENSI :                                                                                              

  • https://brainly.co.id/tugas/33239750
  • https://www.merdeka.com/sehat/mengapa-stretching-itu-penting.html
  • https://www.merdeka.com/jatim/7-manfaat-stretching-atau-peregangan-untuk-tubuh-lakukan-dengan-rutin-kln.html                                                                                      
  • https://adalah.co.id/stretching/

 

 

email : indohomecare@gmail.com

No Hand Phone : 0811-9777-292

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *