Menu Tutup

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

MANFAAT JALAN KAKI BAGI KESEHATAN

Jalan kaki bukan hanya merupakan olahraga yang murah dan ringan, Manfaat jalan kaki yang biasa anda dapatkan  antara lain mengurangi stress, manurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga mengurangi kanker.

Jangn malas atau takut untuk melakukan olahraga jalan kaki. Bahkan jika anda menglami masalah dngan atau degan kaki, jangna jadikan alasan ini untuk kita sendiri untuk malas untuk berolahraga, anda bisa menyiasatkan nya dengan jalan ringan atau mungkin dengan jalan cepat.

Manfaat Jalan Kaki 

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh Anda tidak kaget, coba dulu jalan kaki atau jalan santai selama 10 menit per sehari. Setelah terbiasa, secara bertahap tingkatkan durasinya. Jika jalan kaki dilakukan secara rutin serta diiringi dengan menjalani gaya hidup sehat setiap hari, maka Anda akan mendapatkan manfaat jalan kaki 

Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol


Jalan kaki memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantun. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan jantung, konsultasikan lebih dulu pada dokter jika ingin jalan kaki secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui kapasitas dan kekuatan tubuh sendiri.

Membuat suasana hati menjadi lebih baik 

Tahukah Anda manfaat berjalan kaki 30 menit sehari ternyata sama dengan makan tiga buah dark chocolate. Pasalnya, orang yang rutin berjalan kaki mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa senang.

Apalagi jika hal ini dilakukan dengan orang-orang terkasih maka jalan kaki bisa semakin membuat hati senang dan bahagia. Suasana hati yang baik akan membawa hari Anda penuh dengan produktivitas yang baik dan juga positif.

Menurukan Berat Badan

Manfaat jalan kaki yang satu ini pasti menjadi favorit bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin.

Hal ini berujung pada Berkurang nya lemak dalam tubuh, Berjalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya bertumpuk menjadi lemak. Jika asupan kalori Anda sehari-hari ternyata berlebih, maka berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

Selain enam manfaat di atas, manfaat jalan kaki lainnya yang bisa Anda dapatkan di antaranya mengurangi risiko kemungkinan terkena stroke, obesitas, radang sendi, serta beberapa jenis kanker. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya olahraga murah meriah ini. Luangkan sedikit saja waktu dalam sehari untuk berjalan kaki. Anda bisa menyiasatinya dengan memarkir kendaraan Anda lebih jauh dari kantor atau berjalan kaki selama 15-30 menit saat bepergian.

 

Penulis : Esther Sibarani

 

 

 

REFRENSI :

  • https://www.alodokter.com/jangan-takut-lelah-ada-banyak-manfaat-jalan-kaki
  • http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-manfaat-berjalan-kaki
  • https://vivahealth.co.id/article/detail/13410/ragam-manfaat-berjalan-kaki
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635262/manfaat-jalan-kaki-setiap-hari-bagi-kesehatan

 

Email : indohomecare@gmail.com

NO Hand Phone : 0811 9777 292

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *