Menu Tutup

Gaji Perawat di Indonesia

Gaji Perawat di Indonesia

Profesi perawat sama dengan profesi orang pertama yang merawat pasien di rumah sakit. Tidak banyak orang yang tahu bahwa  ada beberapa jenis perawat berdasarkan lokasinya, lho?

Perawat adalah orang yang mampu bertindak berdasarkan pengetahuan yang diperoleh melalui pelatihan keperawatan.

Tidak hanya wanita, tetapi juga pria yang telah menyelesaikan pelatihan keperawatan dapat menjadi pengasuh. Prasyarat untuk memperoleh magang keperawatan adalah menyelesaikan gelar keperawatan pada jenjang Diploma 2 (D3) atau Sarjana (S1). Setelah lulus, perawat bertanggung jawab untuk merencanakan dan merawat pasien, termasuk menindaklanjuti pasien dan pengasuh lainnya. Perawat dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim dengan dokter untuk mempraktikkan perawatan pasien.

Perawat dan Kisaran Gaji

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dunia keperawatan, pertama yang harus dilakukan adalah simak ulasan jenis-jenis perawat dan kisaran gaji bulanannya:

1.    Perawat Rumah Sakit

Tentu saja, tipe pertama perawat sama di semua rumah sakit. Namun profesi ini dapat ditekuni dengan kualifikasi S1 atau D3. Yang terpenting, Anda harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) atau kualifikasi resmi pemerintah. Membangun STR kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Cukup dengan menulis ijazah dan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan. Mudah saja bukan?

Jika Anda sudah memiliki STR, Anda dapat langsung menentukan jenis rumah sakit yang Anda inginkan, dari rumah sakit negeri, swasta, atau bahkan luar negeri.

Kisaran gaji bulanan untuk perawat rumah sakit yang menggunakan STR adalah antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

2.    Perawat Homecare

Jenis perawat selanjutnya adalah pekerja home care yang merawat bayi, anak kecil, orang tua, atau pasien berkebutuhan khusus. Perawat di daerah ini umumnya memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, lho. Gaji yang diterima juga disesuaikan dengan kondisi pasien yang dirawat. Dengan kata lain, semakin banyak alat kesehatan yang digunakan pasien, semakin tinggi gaji perawat.

Prasyarat untuk menjadi perawat juga harus memiliki gelar D3 atau S1 keperawatan dan sertifikat STR. Kisaran gaji untuk pengasuh di rumah dengan STR adalah dari Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

3.    Perawat IGD

IGD merupakan garda terdepan sebuah rumah sakit, mulai dari pasien sakit perut hingga korban kecelakaan lalu lintas, IGD siap beroperasi 24 jam.

Perawat gawat darurat tentu siap siaga untuk memberikan perawatan medis yang tepat waktu dan memadai kepada pasien dalam situasi darurat. Perawat akan ditempatkan ke unit gawat darurat rumah sakit atau klinik.

Dalam dunia keperawatan, departemen gawat darurat memiliki reputasinya sendiri. Hal ini karena perawat dipercaya untuk membuat dan membuat keputusan penting.

Misalnya, dapat memutuskan pasien mana yang harus dirawat terlebih dahulu berdasarkan tingkat keparahannya, dll. Untuk menjadi perawat darurat,  perawat biasanya harus memiliki setidaknya enam bulan pengalaman medis di bagian keperawatan.

4.    Perawat ICU

Jenis perawat berikut berada di unit perawatan intensif care unit (ICU), juga dikenal sebagai unit perawatan intensif. Perawat yang bekerja di unit perawatan intensif dianggap sebagai perawat yang paling sabar dan teliti dalam hal keperawatan, tidak hanya itu, mereka juga harus berhati-hati dalam mengukur kadar cairan.

Dari jumlah cairan yang masuk ke ekskresi urin harus diukur setiap hari dan dicatat pada lembar observasi. Para perawat ICU seringkali dihadapkan pada dilema ketika seorang pasien yang tidak memiliki harapan hidup dan yang bergantung pada peralatan medis seperti ventilator, namun keluarganya tidak mampu lagi membayar biaya perawatan ruang ICU

Realitas yang dihadapi perawat ICU seringkali harus berbesar hati dalam menyetujui perangkat medis sesuai dengan peraturan rumah sakit.

Kisaran gaji bulanan untuk pengasuh perawatan intensif di STR adalah antara Rp 4,5 juta hingga Rp 7 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *