Menu Tutup

Betulkah perawat homecare itu berguna untuk pasien sakit?

Betulkah perawat homecare itu berguna untuk pasien sakit

Kehadiran layanan homecare saat ini memudahkan kinerja perawatan intensif dan perawatan di rumah. Ada banyak layanan homecare di rumah yang sama sekali tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh rumah sakit untuk pasien. Perawat dapat memasang peralatan medis atau memberikan obat dan makanan.

Home care adalah pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan intervensi medis atau non medis sebagai bagian dari pelayanan kesehatan di rumah.

Meskipun definisi perawat rumahan adalah orang dengan pengalaman khusus di bidang kesehatan yang telah menerima pelatihan formal dan informal dengan tujuan merawat pasien di rumah.

Jenis tenaga keperawatan rumah terdiri dari latar belakang pendidikan dan pengalaman individu. Contohnya jika perawat hanya menyelesaikan SMK Kesehatan, dia hanya dapat melayani pendampingan lansia saja. Perawat tidak diizininkan untuk melakukan tindakan medis apa pun.

Sedangkan jika perawat lulusan D3 dan S1 kebidanan atau keperawatan dan telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), dapat melakukan tindakan medis seperti pemasangan alat-alat medis yang digunakan oleh pasien homecare.

Menggunakan layanan homecare sangat membantu jika pasien diperbolehkan pulang kerumah atau menjalani pengobatan rawat jalan tanpa harus menginap di rumah sakit.

Ini adalah beberapa manfaat dari perawatan di rumah:

1.    Biaya Lebih Terjangkau

Tidak ada lagi sewa kamar di rumah sakit, tidak ada lagi transportasi pulang dan kunjungan pasien di rumah sakit, dan tidak ada lagi biaya konsumsi dan prosedur yang memerlukan biaya rumah sakit.

Penggunaan jasa homecare jauh lebih murah bagi pasien yang dapat berobat jalan dibandingkan dengan penggunaan jasa rumah sakit.

Harga layanan homecare semakin bersaing akhir-akhir ini, dan pelayanannya pun tidak kalah bagusnya dengan layanan rumah sakit.

2.    Mendapatkan informasi kesehatan pasien secara actual

Dengan menggunakan layanan homecare di rumah, Anda kini dapat dengan cepat dan akurat memahami informasi kesehatan pasien yang berkembang di rumah saat Anda bahkan tidak di rumah. Hal ini karena perawat tetap berada di rumah pasien dan mengikuti sendiri aktivitas pasien. Saat pasien tidur perawat bisa istirahat, saat pasien bangun  perawat  dekat dengan pasien.

Selain itu, perawat secara teratur memeriksa tanda-tanda vital seperti tekanan darah, detak jantung, dll. untuk mengetahui keadaan kesehatan pasien secara tepat.

3.    Mengurangi beban keluarga dalam merawat

Merawat membutuhkan kesabaran dan ketekunan agar pasien cepat sembuh dan kembali beraktivitas normal. Namun, jika ada sedikit anggota keluarga yang merawat pasien di rumah, tentu akan menyulitkan Anda. Belum lagi ditambah dengan perkerjaan utama yang harus dilakukan.

Menggunakan layanan homecare bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa terus menerus merawat orang sakit. Perawat rumah untuk menggantikan Anda dalam merawat orang yang Anda cintai di rumah.

Perawat Homecare dapat tinggal secara 24 jam sehari dengan pasien atau pun hanya datang ketika jam perawatan pasien. 

Referensi:

https://www.medicare.gov/what-medicare-covers/whats-home-health-care

https://eldercare.acl.gov/public/resources/factsheets/home_health_care.aspx

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *