Menu Tutup

Apa saja penyakit dapat disembuhkan dengan akupunktur? Ayo simak

Apa saja penyakit dapat disembuhkan dengan akupunktur Ayo simak

Akupunktur adalah tindakan di mana jarum kecil dan halus dimasukkan ke dalam kulit. Akupunktur juga dikenal sebagai terapi suportif yang dapat meringankan gejala berbagai kondisi kesehatan.

Meskipun masih kontroversial di kalangan medis dunia barat, namun ada beberapa bukti dari dunia Timur untuk mendukung efektivitas akupunktur.

Beberapa gejala penyakit diyakini tidak hanya menghilangkan rasa sakit tetapi juga disembuhkan dengan terapi akupunktur. Berikut beberapa manfaat pengobatan akupunktur yang bisa Anda coba.

·         Stress

Bagi sebagian orang, stres bisa menjadi akar dari banyak masalah kesehatan. Stres dapat memicu insomnia, ketegangan otot, dan gangguan pencernaan. Akupunktur dapat menjadi terapi suportif untuk menghilangkan stres dengan menenangkan sistem saraf Anda.

·         Insomnia

Akupunktur dipercaya dapat membantu mengatasi mereka yang berjuang untuk sulit memulai tidur maupun mempertahankan tidur. Melalui penggunaan jarum yang ditempatkan pada titik-titik tertentu, diyakini bahwa akupunktur dapat mengobati insomnia.

Faktanya, beberapa orang mengklaim bahwa mereka tidur lebih nyenyak setelah terapi akupunktur

·         Masalah Kesuburan

Akupunktur dikatakan membantu mengatur hormon kesuburan dan meningkatkan peluang wanita untuk hamil. Jangan khawatir, pria juga bisa mencoba akupunktur untuk mengatasi gangguan kesuburan seperti impotensi atau prostatitis.

·         Nyeri Kepala dan Migrain

Untuk sakit kepala dan migrain, orang tersebut biasanya berbaring di ruangan yang tenang dan gelap untuk meredakan gejala-gejala ini. Bahkan, mereka dapat mencoba akupunktur untuk mengurangi kekambuhan dan keparahan migrain dan sakit kepala. Akupunktur juga dapat membantu sakit kepala tegang dan sakit kepala sinus.

·         Nyeri Haid

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa intensitas dan durasi nyeri haid bisa berkurang hingga 50 persen ketika seseorang menjalani terapi akupunktur. Efektivitas akupunktur dapat dirasakan setelah 12 sesi terapi selama 3 siklus menstruasi. Manfaat akupunktur juga berdampak positif pada kualitas hidup wanita.

·         Alergi

Alergi musiman atau yang dipicu oleh lingkungan, dapat menyebabkan gejala seperti sinus tersumbat, ingus mengalir, mata berair dan gatal, serta bersin. Gejala alergi tersebut dapat diringankan dengan akupunktur. Terapi akupunktur juga dapat dilakukan sebagai pencegahan atau upaya mengendalikan gejala ketika musim maupun paparan pemicu alergi sedang tinggi-tingginya.

·         Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah keadaan kelelahan, sulit tidur dan disertai rasa sakit di seluruh tubuh. Akupunktur dikatakan dapat menghilangkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu akibat fibromyalgia. Selain itu, terapi komplementer ini dikatakan dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas tidur.

·         Kecemasan dan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Mirip seperti stres, kecemasan dan PTSD merupakan tantangan utama bagi sebagian orang. Orang dengan PTSD dan kecemasan mungkin mengalami serangan panik, sulit tidur, dan jantung berdebar kencang. Akupunktur dapat menenangkan respons “lawan atau lari” tubuh dan mengurangi gejala dan kecemasan PTSD.

Jika Anda ingin menguji manfaat kesehatan dari akupunktur, pastikan Anda tidak memiliki kelainan pendarahan atau mengonsumsi pengencer darah. Disarankan juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan akupunktur sebagai terapi pelengkap.  Lakukan akupunktur di tempat dan dengan dokter berlisensi agar terapi Anda efektif atau bisa mengunji website kami di www.Indohomecare.com Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan terapis kami sebelum nya.

Referensi:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3621354/berbagai-penyakit-yang-bisa-disembuhkan-dengan-akupuntur

NHS Choices UK (2019). Acupuncture

Watson, K. Healthline (2017). Acupuncture for Headaches and Migraines

https://www.webmd.com/pain-management/ss/slideshow-acupuncture-overview

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *