Menu Tutup

Pernah dengar tentang fisioterapi atau pernah berkunjung ke klinik fisioterapi?

Pernah dengar tentang fisioterapi atau pernah berkunjung ke klinik fisioterapi

Fisioterapi adalah suatu bentuk perawatan medis yang diberikan kepada seseorang untuk mengembangkan, memelihara, dan mengembalikan gerakan dan fungsi tubuh. Jika Anda mengalami cedera atau penyakit yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi sulit bagi Anda. Dokter Anda mungkin menyarankan jenis perawatan ini untuk melengkapi pengobatan Anda. Yuk simak lebih dekat manfaat fisioterapi pada artikel berikut ini!

Fisioterapi atau terapi fisik adalah profesi perawatan kesehatan yang menggunakan teknik non-invasif untuk mengevaluasi, mendiagnosis, dan mengobati cedera dan gangguan gerakan di seluruh tubuh.

Fisioterapi dapat dibagi menjadi bidang khusus seperti otot dan tulang, saraf, anak, olahraga, kesehatan wanita, rehabilitasi, dan terapi kardiopulmoner. Pasien tidak memerlukan rujukan untuk menemui ahli terapi fisik. Konsultasi medis akan dilakukan untuk memastikan tidak ada patah tulang atau sumber nyeri selain otot dan tulang.

Setelah evaluasi dan diagnosis oleh ahli terapi fisik, perawatan yang terdiri dari terapi manual, olahraga, pijat, teknik pendidikan, atau elektroterapi dapat digunakan.

Fisioterapi selalu menggunakan kombinasi teknik pengobatan pasif dan aktif untuk meningkatkan kinerja manusia.

Kondisi apa yang bisa dibantu oleh Fisioterapi?

Fisioterapi dapat membantu orang dengan nyeri, kekakuan, kelemahan, dan disfungsi tulang belakang dan semua sendi, otot, saraf, dan ligamen dalam tubuh.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh cedera tertentu, postur tubuh yang buruk atau penyakit terkait pekerjaan lainnya, cedera olahraga, radang sendi, skoliosis, atau tendonitis.

Manfaat Fisioterapi

Ketika ditanya apa manfaat dari fisioterapi? Padahal, hal itu tergantung dari alasan pengobatan yang dijalani. Manfaat fisioterapi meliputi:

·         Pemulihan dari cedera

·         Pemulihan dari stroke

·         Mengurangi rasa nyeri

·         Menghindari operasi

·         Peningkatan keseimbangan

·         Pencegahan cedera

Jadi, manfaat khusus fisioterapi tergantung dari kesehatan dan kebutuhan pengobatan seseorang. Biasanya, seorang ahli terapi fisik akan membantu merawat pasien melalui semua tahap pemulihan, mulai dari diagnosis awal hingga pemulihan dan pencegahan pemulihan.

Bagaimana Cara Menemukan Fisioterapis?

Jadi di mana Anda dapat menemukan fisioterapis? Fisioterapis sering bekerja sebagai bagian dari tim multidisiplin di berbagai bidang medis, termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan masyarakat, beberapa tim olahraga, dan bahkan beberapa terapis dapat datang ke rumah. Anda mungkin memerlukan rujukan dari dokter umum untuk menjalani fisioterapi. Meskipun Anda bisa datang langsung di beberapa tempat. Kebanyakan terapis fisik swasta menerima rujukan mandiri langsung.

Saat mengunjungi terapis fisik atau terapis fisik, berikut beberapa hal yang perlu diketahui. Anda akan menerima pemeriksaan fisik dan evaluasi yang mencakup riwayat medis dan prosedur pengujian tertentu yang mencakup evaluasi postur, gerakan, fleksibilitas, dan kinerja otot dan persendian. Setelah itu, Anda akan menerima diagnosis klinis, prognosis, rencana perawatan, dan tujuan jangka pendek dan panjang. Menerima perawatan fisioterapi intervensi berdasarkan penilaian dan diagnosis terapis. Anda juga akan menerima saran tentang kondisi Anda dari terapis. Seringkali, Anda juga akan berlatih dengan ahli terapi fisik untuk memulihkan gangguan yang telah terjadi sehingga Anda dapat melanjutkan aktivitas normal Anda.

Kini, Anda sudah mengetahui berbagai manfaat fisioterapi untuk kesehatan bukan? Klinik Indohomecare memiliki layanan fisioterapi yang membantu menangani permasalahan saraf, otot, sendi, rehabilitasi pasca stroke hingga berbagai gangguan lainnya. Yuk cari tahu layanan di Indohomecare sekarang!

Referensi:

https://aido.id/health-articles/layanan-fisioterapi-di-indonesia/detail

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-a-physiotherapist

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *