Menu Tutup

Homecare Pasca Melahirkan

Homecare Pasca Melahirkan

Dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan, tidak ada salahnya mengatakan bahwa itu sangat melelahkan. Jangankan merawat bayi yang baru lahir, berjalan-jalan atau berpindah-pindah terasa seperti kerja keras. Oke, itu wajar, dan yang lain pun juga mengalami hal yang sama. Tubuh yang lelah setelah melahirkan belum benar-benar pulih. Belum lagi, sebagai ibu baru, Anda masih belum tahu bagaimana menangani bayi.

Di mana saya bisa mendapatkan bantuan? Ya, Anda tidak perlu merasa bersalah karena merasa membutuhkannya.

Diskusikan hal ini dengan suami Anda, dan kemudian Anda dapat menghadiri layanan homecare khusus untuk ibu dan bayi dalam masa pascabersalin.

Home care adalah pelayanan panggilan ke rumah yang dilakukan oleh tenaga ahli yang memenuhi standar antara lain: perawat atau bidan.

Tujuannya tidak hanya untuk menjamin kesehatan ibu dan bayi baru lahir, tetapi juga untuk mengidentifikasi, mencegah dan mengobati komplikasi pada masa nifas. Tak kalah pentingnya, layanan homecare juga bisa menjadi wadah bagi para ibu untuk berbagi keluhan dan belajar tentang merawat bayi.

Layanan homecare ini memang bermanfaat bagi ibu yang baru saja melahirkan sebelum menjadi mandiri dan fasih dalam merawat bayi dan yang tak kalah pentingnya, untuk memulihkan kesehatan ibu pasca melahirkan untuk mencegah terjadinya Post Partum Blues.

Adapun layanan home care yang biasanya diperoleh ibu dan bayi adalah:

1.    Perawatan Bayi baru lahir

       Pemeriksaan kesehatan bayi seperti suhu badan, bayi menguning

       Cara memandikan bayi yang baik dan benar

       Cara menjemur bayi

       Pijat bayi

       Perawatan tali pusar

       Konseling masalah kesehatan bayi

2.    Perawatan Ibu Pascamelahirkan

       Pemeriksaan kesehatan ibu seperti tekanan darah, suhu tubuh, kebersihan vagina untuk luka operasi Caesar

       Anjuran laktasi seperti jenis menyusui yang benar, posisi menyusui yang benar, kesulitan dalam menyusui

       Perawatan ibu seperti pijat

       Kesehatan payudara

lalu di mana seorang ibu bisa mendapatkan layanan homecare?

Tenang, layanan homecare saat ini sudah tersedia cukup banyak. Beberapa rumah sakit tempat Anda dapat melahirkan mungkin juga sudah menyediakannya.

Referensi:

https://kumparan.com/kumparanmom/6-layanan-home-care-bagi-ibu-pascabersalin-beserta-tarifnya-1549702325884867363/full

Mirmolaei ST, Valizadeh MA, Mahmoodi M, Tavakol Z.(2014) Comparison of effects of home visits and routine postpartum care on the healthy behaviors of Iranian low-risk mothers. Int J Prev Med.

<!– [if supportFields]>CITATION Mil17 \l 1033 <![endif]–>(Milani, et al., 2017)<!– [if supportFields]><![endif]–> Postpartum home care and its effects on mothers’ health: A clinical trial. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *