Menu Tutup

Perbedaan Perawat Ahli dan Pendamping

Perbedaan perawat ahli dan pendamping

Setelah menjalani pengobatan di rumah sakit, ada kalanya Anda atau orang yang Anda cintai mungkin memerlukan perawatan lanjutan untuk membantu Anda pulih di rumah. Dukungan serupa sering dibutuhkan ketika merawat orang lanjut usia. Namun, tidak semua orang dapat menawarkan layanan bimbingan belajar berkualitas tinggi. Ada cara yang bisa membantu Anda merawat lansia, yaitu caregiver dan perawat. Namun, jangan salah ketika memilih di antara keduanya. Perawat adalah profesi yang memerlukan pelatihan khusus dengan keterampilan yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan dan Pemerintah dan telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Perawat juga memiliki fakultas sesuai dengan kemampuannya yaitu menganalisis masalah keperawatan, melakukan tindakan keperawatan tertentu seperti memasang cairan infus, menyuntik, memasang feeding tube melalui hidung (NGT), memasang kateter dan lain-lain.

Sedangkan caregiver adalah orang biasa yang dilatih untuk merawat orang sakit. Pengasuh dapat memberi makan, mandi, mengganti seprai, membantu pasien buang air besar dan kecil, dll. Namun, perawat tidak dapat dan tidak berwenang untuk melakukan tindakan keperawatan, seperti halnya perawat yang dapat menganalisis masalah keperawatan dan melakukan tindakan keperawatan tertentu. Dengan cara ini, Anda membutuhkan perawat medis profesional.

Perbedaan Perawat ahli dan Perawat pendamping

Perawat pendamping tidak memiliki pendidikan universitas kedokteran seperti perawat ahli, mereka hanya dilatih dalam waktu yang relatif singkat, antara 1 bulan dan 4 bulan. Oleh karena itu, berbeda dengan perawat yang memiliki tingkat pendidikan hingga D3/S1. Perawat pendamping tidak dapat melakukan kegiatan medis yang merupakan bagian dari pekerjaan perawat, seperti: memasang infus, menyuntik, memasang selang makanan dari hidung (NGT), pasang kateter dan lainnya.

Referensi:

https://aging.com/what-is-a-caregiver/

https://www.caringseniorservice.com/blog/what-is-a-caregiver

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *