Menu Tutup

5 Manfaat Kesehatan Bekam dan Efek Sampingnya

5 manfaat kesehatan bekam dan efek sampingnya

Bekam adalah praktik medis tradisional di berbagai belahan dunia, termasuk Cina dan Timur Tengah. Tastingnya juga ada di Indonesia. Perawatan ini telah ada selama ribuan tahun dan diyakini efektif dalam meredakan nyeri dan nyeri otot.

Aplikasi suction cup bekerja seperti penyedot debu. Kemudian, alat khusus berbentuk piring menyedot lapisan kulit dan lemak dari otot dan kadang-kadang bahkan menggerakkan lapisan otot satu sama lain.

Di Indonesia, bekam sering digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi orang yang tidak ingin berobat. Tak hanya orang dengan latar belakang medis, bekam biasanya dilakukan oleh berbagai kalangan yang menginginkan tubuh lebih segar dan bugar.

Tapi apa manfaat dari suction cup? Dan apakah ada efek samping dari terapi ini?

1.    Membuang Racun, Angin, dan Kolesterol

Bekam dapat mengeluarkan racun, angin, dan kolesterol yang menumpuk dalam darah di lapisan kulit, yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin, dan kolesterol dikeluarkan dengan cara menghisap darah kotor sehingga darah menjadi bersih.

2.    Melancarkan Peredaran Darah

Bekam dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena terapi bekam menggunakan penghisapan darah kotor, yang berfungsi meningkatkan aliran darah dan memperkuat pembuluh darah. Darah yang tersumbat menjadi lunak.

3.    Mengatasi Kelelahan

Ketika seseorang mengalami kelelahan, biasanya orang tersebut akan memijatnya untuk menghilangkan rasa lelah di tubuhnya. Namun, ternyata selain pijat, bekam bisa mengalahkan rasa lelah, lho.

Kelelahan saraf yang kaku berkurang dengan terapi bekam. Disertai, tentu saja, dengan pola ketenangan yang tepat.

4.    Meredakan Nyeri dan Keluhan

Manfaat lain dari bekam adalah dapat meringankan berbagai jenis rasa sakit dan ketidaknyamanan. Terapi bekam dapat meredakan nyeri pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga asam urat. Selain itu, terapi bekam dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan tekanan darah tinggi.

5.    Memperbaiki Sistem Tubuh

Bekam dapat memperbaiki sistem tubuh yang mengalami penyakit atau gangguan. Ini sebagian karena cangkir hisap meningkatkan aliran darah ke tubuh. Bekam sangat membantu dalam meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan aktivitas sumsum tulang belakang.

 Waspadai Efek Samping Bekam

Meskipun bekam adalah bagian dari naturopati, Anda tetap perlu mengetahui bahwa terapi bekam memiliki efek samping. Salah satu efek samping terapi bekam adalah munculnya bintik-bintik bulat berwarna ungu atau lebam pada kulit. Efek samping lain yang dialami setelah terapi bekam termasuk pembengkakan, nyeri, atau ketidaknyamanan di sekitar kulit tempat cangkir akan ditempatkan, kulit yang terbakar ringan, bekas luka yang tidak kunjung hilang, dan infeksi kulit.

Oleh karena itu, sebelum memulai terapi bekam, pastikan tempat terapi yang Anda kunjungi terpercaya dan aman serta terapis yang menanganinya adalah profesional yang terlatih dan berpengalaman.

 

Referensi:

https://www.merdeka.com/jabar/5-manfaat-bekam-bagi-kesehatan-dan-efek-sampingnya-kln.html?page=all

Cupping Therapy http://www.webmd.com/balance/guide/cupping-therapy

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *