Menu Tutup

Homecare: Peluang untuk Karir Perawat

Homecare Peluang untuk Karir Perawat

Perubahan dalam layanan perawatan memiliki dua keputusan utama, yang berinovasi dan kemudian berubah, atau yang diubah oleh situasi atau situasi. Perubahan dalam layanan perawatan merupakan entitas terpadu dari penyedia layanan, organisasi pendukung, dan kebijakan pemerintah terkait.

Mewujudkan profesi keperawatan di Indonesia bukan hanya sekedar perjuangan membela nasib para caregiver yang telah lama terabaikan. Namun lebih dari itu, mengupayakan pemenuhan hak masyarakat atas perawatan profesional. Keperawatan profesional merupakan cerminan dan bentuk perubahan nyata bagi perkembangan profesi keperawatan ke depan khususnya di Indonesia.

Jelaslah bahwa upaya sebelumnya di bidang kesehatan seperti tindakan preventif, suportif, kuratif dan rehabilitatif harus tercermin oleh staf perawat. Kritiknya bukan mempersoalkan cakupan pelayanan kesehatan, tetapi perawat perlu menciptakan model praktik keperawatan yang unik dan berbeda sehingga peran mereka, tanpa secara langsung mempengaruhi peningkatan indeks pembangunan manusia, masuk akal (Lengkap dalam kekosongan / non budidaya) karena fungsinya tidak identik dengan profesi lain atau sebagai subsistem tenaga kesehatan lainnya.

Pada awal perjalanannya, homecare sebenarnya merupakan bentuk pelayanan yang sangat sederhana, yaitu kunjungan perawat ke pasien lanjut usia yang tidak bisa ke rumah sakit atau yang tidak punya uang untuk membayar dokter di rumah sakit, mereka tidak memiliki akses ke layanan kesehatan. Pelaksanaannya juga merupakan inisiatif para pemuka agama yang peduli terhadap merebaknya masalah kesehatan. Perawat yang melakukan ini dikenal sebagai perawat kunjungan.

Menurut Departemen Kesehatan RI (2002), homecare adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan menyeluruh yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggalnya, dengan tujuan untuk meningkatkan, memelihara, memulihkan/memaksimalkan kemandirian dan kecacatan akibat kesehatan karena sakit. Pelayanan diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien/keluarga, yang direncanakan dan dikoordinasikan oleh pemberi pelayanan melalui staf yang disepakati bersama.

Jika pasien dan keluarga memutuskan untuk memanfaatkan sistem perawatan di rumah, pasien dan keluarga mengharapkan sesuatu yang tidak akan mereka dapatkan dari perawatan di rumah sakit. Namun, yang juga baru adalah saat ini banyak orang yang sakit dan membutuhkan perawatan di rumah. Sayangnya, karena alasan keuangan, tidak semua orang sakit atau keluarganya memiliki kesempatan untuk menggunakan layanan perawatan di rumah. Dalam ketidakberdayaan ini, banyak pasien akhirnya menyerah di rumah karena penyakit mereka, yang secara fisik menjadi lebih lemah dan seringkali berakibat fatal.

 Jika anda memilih homecare maka kami memiliki keuntungan sebagai berikut:

1.    Homecare memberikan rasa aman karena anda berada di lingkungan yang dikenal pasien dan keluarga selama di rumah sakit pasien akan merasa asing dan akan membutuhkan penyesuaian.

2.    Perawatan di rumah adalah cara memberikan perawatan 24 jam dengan fokus pada satu pasien, sementara perawatan rumah sakit dibagi di antara banyak pasien

3.    Homecare menumbuhkan kepercayaan terhadap kualitas pelayanan asuhan bagi pasien dimana pelayanan asuhan dapat diberikan secara komprehensif (biopsikososial-spiritual).

4.    Home Care melindungi privasi pasien dan keluarga, dan semua tindakan hanya diketahui oleh keluarga dan tim kesehatan.

5.    Homecare memudahkan keluarga dan pengasuh untuk memantau kebiasaan pasien, seperti pola makan, minum, dan tidur, yang membantu dalam memahami perubahan pola dan perawatan pasien.

6.    Homecare memberikan ketenangan pikiran dimana keluarga dapat melakukan aktivitas lain tanpa meninggalkan pasien.

7.    Homecare memberikan pelayanan yang lebih efisien dibandingkan pelayanan rumah sakit, dimana pasien dengan komplikasi dapat segera mendapatkan pelayanan home care.

8.    Pelayanan homecare menjamin keberhasilan pendidikan kesehatan, pemberi asuhan dapat memperkuat atau meningkatkan pelaksanaan asuhan komplementer keluarga.

Alasan yang lebih kuat lagi adalah bahwa perawatan di rumah efektif dalam mengatasi masalah kesehatan di Indonesia dengan memberikan layanan yang fleksibel, mudah beradaptasi dan terjangkau. Hal ini tentu saja akan membantu meningkatkan kesehatan bangsa kita.

Referensi:

https://www.poltekkes-malang.ac.id/index.php/sugeng/detail/artikel/162/11

Neis and Mc.Ewen. 2010. Community/Public Health Nursing-E-Book: Promoting the Health of Populations. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *