Menu Tutup

Ini adalah usia terbaik bagi anak laki-laki untuk menjalani sunat

Ini adalah usia terbaik bagi anak laki-laki untuk menjalani sunat

Sunat atau secara medis dikenal dengan istilah sirkumsisi memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Sunat adalah prosedur pembedahan yang melibatkan pengangkatan kulup atau jaringan yang menutupi kelenjar. Sunat biasanya dilakukan pada hari pertama atau kedua setelah melahirkan, namun bisa juga dilakukan pada usia sekolah. Namun, ada juga pria dewasa yang menjalani sunat, terutama berdasarkan keinginan psikologis mereka.

Selain itu, sunat juga memberikan manfaat medis sebagai berikut:

1.    Mencegah fimosis

Sunat juga dapat mencegah penyakit penis, seperti nyeri di kepala penis atau kulup yang disebut phimosis. Ini mungkin karena kulup penis yang tidak disunat sulit untuk ditarik kembali. Parahnya, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pada penis, yang disebut balanitis.

2.    Mengurangi risiko infeksi saluran kemih (ISK)

Sunat bahkan dapat mengurangi risiko kanker penis. Hal ini terjadi karena sunat dapat mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh kebersihan ujung penis.

3.    Mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan

Tidak hanya pria yang bisa mendapatkan keuntungan dari sunat, wanita juga bisa mendapatkan keuntungan sebagai pasangan. Hal ini mungkin terjadi karena kebersihan penis pria yang disunat relatif lebih sensitif. Sunat bisa meningkatkan kesehatan penis. Penis yang disunat lebih mudah dibersihkan, sehingga kesehatannya lebih aman daripada penis yang tidak disunat.

 Usia ideal untuk anak laki-laki sunat

Ini berarti bahwa yang terbaik bagi anak laki-laki untuk disunat segera setelah lahir. Alasannya, anak balita tidak takut, sehingga mudah dikendalikan dan tidak trauma. Selain itu, pertumbuhan dan regenerasi sel terjadi paling cepat pada masa bayi. Dengan kata lain, semakin tua sunat laki-laki, semakin lama proses pemulihannya. Namun, bagi pria yang belum disunat saat dewasa, mereka tidak perlu terlalu khawatir dengan sunat. Orang tua yang anaknya sudah remaja tidak perlu khawatir. Pasalnya, kini banyak metode sunat modern yang bisa dipilih untuk mengobati berbagai penyakit.

 

Sunat segera setelah lahir, tunggu sampai sekolah atau tidak disunat sama sekali, itu semua tergantung keputusan pribadi. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda tentang manfaat dan efek samping lain dari sunat.

 

Referensi:

https://health.kompas.com/read/2020/10/05/103300968/ini-usia-terbaik-untuk-anak-laki-laki-sunat?page=all

https://www.alodokter.com/metode-dan-manfaat-sunat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *