Menu Tutup

Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan

Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan

Metode pengobatan yang terkenal ini memiliki sejarah ribuan tahun dan kini telah berkembang menjadi cabang ilmiah dari pelatihan spesialis. Manfaat akupunktur bagi kesehatan sangat beragam, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga mengurangi stres, meredakan mual, dan meredakan nyeri tubuh. Manfaat akupunktur termasuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi mual, menghilangkan stres dan membantu Anda menurunkan berat badan. Akupunktur tidak lagi dianggap sebagai metode pengobatan tradisional, melainkan cabang ilmu yang kini menjadi ahlinya.

Berikut adalah berbagai manfaat terapi akupuntur pada tubuh manusia untuk membantu menyembuhkan penyakit tertentu, seperti:

1.    Sakit kepala

Akupunktur juga baik untuk sakit kepala, seperti sakit kepala tegang, sakit kepala, dan migrain.

 Selain menghilangkan rasa sakit di daerah kepala, terapi akupunktur ini juga membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahannya.

 

2.    Sakit pinggang bagian belakang

Jika Anda menerima pengobatan akupunktur secara teratur, sakit punggung (low back pain) juga bisa berkurang. Perawatan biasa untuk kondisi ini dapat meringankannya secara efektif. Namun, bila dikombinasikan dengan akupunktur, efek dan manfaatnya lebih nyata.

 

3.    Mengatasi asam lambung

Salah satu pengobatan yang bisa Anda coba adalah akupunktur untuk mengobati asam lambung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi ini tidak hanya membantu mengurangi asam lambung, tetapi juga mencegah peningkatan asam lambung.

 

Seberapa efektif pengobatan akupunktur?

Sebelum melakukan prosedur ini, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli akupunktur profesional. Ia menanyakan keluhan dan gejala serta memeriksa kondisi fisiknya. Terapis kemudian akan menentukan perawatan akupunktur mana yang cocok untuk situasi Anda.

 

Beberapa prosedur standar untuk pengobatan akupunktur adalah sebagai berikut.

1.    Penusukan Jarum

Jarum Dalam posisi berbaring, terapis akan menggunakan jarum untuk menembus beberapa titik akupunktur. Melalui perawatan apa pun, terapis dapat memasukkan 520 jarum yang cukup tipis agar tidak sakit. Jarum bisa ditusukkan dari area yang sakit, tapi ini normal.

2.    Manipulasi

Operasi Setelah memasukkan jarum, sebagai bagian dari perawatan, terapis dapat memutar, menerjemahkan, memanaskan, atau menerapkan arus tegangan rendah ke jarum. Namun, beberapa titik akupunktur tidak.

3.    Pencabutan jarum

Setelah 20-30 menit, lepaskan jarum tanpa rasa sakit. Anda mungkin memerlukan akupunktur 12 kali seminggu untuk jangka waktu tertentu (tergantung kondisi Anda) sebelum Anda dapat merasakan efeknya.  

Berapa lama pengobatan akupunktur?

 

Durasi pengobatan atau pengobatan biasanya bervariasi. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki keluhan, Anda biasanya perlu berobat 1-2 kali seminggu. Namun, jumlah total perawatan akan tergantung pada kondisi dan tingkat keparahan penyakit. Anda mungkin memerlukan 6-8 perawatan untuk merasakan manfaat akupunktur. Namun, jika kondisi Anda tidak membaik dalam beberapa bulan pengobatan konvensional, akupunktur mungkin tidak cocok untuk Anda.

Source:

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-acupuncture#verdict-on-results.

WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/features/acupuncture-pain-killer#1

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *