Menu Tutup

Homecare, alternative healthcare solutions

Homecare, alternative healthcare solutions

Pengembangan layanan kesehatan merupakan tantangan dan nilai tambah bagi penyedia layanan kesehatan, termasuk layanan homecare. Di kantor dokter, klinik, dan layanan kasus tradisional, jumlah pasien yang mengantri semakin meningkat, inilah salah satu alasan mengapa orang khawatir selama pandemi ini. Pelayanan homecare merupakan alternatif bagi pasien yang sakit, yang sebagian tidak mampu mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan, tetapi masih memerlukan pelayanan kesehatan yang memadai. Demikian pula, pasien dengan kondisi sangat lemah dapat mengandalkan peralatan atau menggunakan cairan parenteral karena kondisi penyakitnya, oleh karena itu pasien atau kerabatnya ingin mendapatkan pelayanan medis di tempat tinggalnya.

Pasien atau pelanggan yang menerima perawatan di rumah dapat berupa rujukan dan ambulans, rumah sakit rawat inap, atau tenaga penjualan, tetapi pelanggan dapat langsung menghubungi staf perawatan rumah atau agen perawatan pribadi untuk mendapatkan layanan.

Homecare adalah bagian atau kelanjutan dari perawatan medis yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal, yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan, atau memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan dampak penyakit.

Mekanisme Pelayanan Homecare

Pasien pasca rawat inap atau rawat jalan harus di periksa dahulu oleh dokter untuk menentukan apakah secara medis layak untuk dirawat di rumah atau tidak. Klien akan menerima pelayanan dari pelaksana pelayanan keperawatan di rumah baik dari pelaksanapelayanan yang dikontrak atau pelaksana yang direkrut oleh pengelola perawatan di rumah.

Manfaat homecare

Perawatan kesehatan di rumah atau home care sangat bermanfaat bagi pengguna jasa karena alasan berikut:

·         Biaya lebih murah

·         Lebih nyaman.

·         Perawatan sama efektifnya dengan di rumah sakit atau fasilitas medis.

·         Layanan lebih cepat.

·         Layanan semakin sempurna, lengkap dan komprehensif.

·         Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan pasien.

Terdapat berbagai prinsip layanan homecare yang terdiri dari:

1.    Tenaga kesehatan mengelola dan memberikan pelayanan homecare di rumah sesuai dengan kondisi pasien.

2.    Melaksanakan setiap tindakan berdasarkan konsep keperawatan

3.    Menjunjung tinggi kode etik keperawatan setiap kali melakukan pelayanan keperawatan homecare.

4.    Dengan bantuan manajemen kasus, bertanggung jawab penuh atas pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien atau keluarganya.

5.    Melakukan pelayanan keperawatan untuk memberikan kenyamanan yang berdampak terhadap peningkatan penyembuhan dan mencegah komplikasi.

     Tidak hanya itu, pelayanan homecare di Indohomecare akan langsung didampingi dan diawasi oleh dokter, sehingga perawatannya akan jauh lebih sempurna

Source:

Journal of Public Health, Volume 9, Issue 1, February 1987, Pages 47–54

Home Healthcare Now

September 2012, Volume :30 Number 8 , page 446 – 452

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *