Menu Tutup

Kenali yuk tugas caregiver

Kenali Yuk Tugas Caregiver

Caregiver adalah seseorang yang peduli atau peduli pada orang lain. Pengasuh dapat merawat mereka yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seperti orang tua atau orang tua. Apa peran pengasuh, dan apa bedanya dengan pengasuh?

Secara umum, caregiver adalah orang yang memberikan perawatan atau layanan keperawatan kepada orang lain. Biasanya, mereka dapat merawat orang tua yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam kegiatan sehari-hari mereka secara penuh.

Tentu saja, ketika seseorang mencapai usia tua, tubuh dan kecerdasannya akan menurun. Oleh karena itu, kemampuan lansia untuk melakukan aktivitas sehari-hari dapat menurun. Terutama jika Anda atau orang yang Anda cintai menderita penyakit tertentu, seperti demensia, Parkinson, atau Alzheimer. Situasi ini tidak hanya akan mempengaruhi pikiran Anda, tetapi juga kemampuan fisik Anda.

Tidak jarang orang lanjut usia membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra, yang mungkin sulit diberikan kepada anggota keluarga yang masih produktif.

Dengan mempekerjakan seorang caregiver, mereka bisa mendapatkan perawatan dan perhatian yang mereka butuhkan.

Fungsi dan tugas caregiver

Fungsi dan tugas tenaga caregiver adalah mengurangi beban pasien atau anggota keluarganya sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal. caregiver membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang yang keterampilannya terganggu karena kondisi kesehatan atau usia tertentu.

Hal-hal yang ditangani caregiver tidak hanya menyangkut kesehatan pasien, tetapi juga kebutuhan fisik dan mental sehari-hari pasien. Jika panti jompo bukan pilihan terbaik Anda, Anda dapat terus memantau langsung kesehatan orang tua atau kerabat Anda yang lebih tua melalui pengasuh Anda.

Kriteria caregiver yang ideal

Kualifikasi menjadi caregiver tidak seketat perawat medis. Seorang caregiver dapat menjadi lulusan keperawatan, kesehatan masyarakat, atau masa pelatihan. Namun, yang terpenting adalah caregiver harus memiliki perawatan dan kepribadian yang tepat untuk lansia yang dirawat.

 Kriteria caregiver yang ideal adalah sebagai berikut:

1.    Berpengalaman

Sebaiknya pilih caregiver yang berpengalaman dalam merawat lansia. Dengan cara ini, lansia selalu sehat dan dapat menerima perawatan yang tepat. Akan lebih baik jika dia memiliki sertifikat medis. Dengan cara ini, jika lansia  mengalami kekambuhan penyakitnya, ia dapat mengambil pengobatan dasar.

2.    Sabar

Kesabaran adalah standar berikutnya yang harus dimiliki caregiver. Pasalnya, merawat orang tua membutuhkan banyak kesabaran. Hal ini dikarenakan lansia sering mengalami kesulitan dalam berbagai aktivitas, seperti berjalan, makan, mandi, dll. Selain itu, orang tua cenderung berperilaku seperti anak-anak. Jika Anda tidak sabar, Anda akan kesulitan untuk merawatnya.

3.    Fleksibel

Selain itu, caregiver harus fleksibel dalam hal jenis pekerjaan dan jam kerja. Hal ini karena setiap lansia membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, mulai dari mandi, makan, berjalan, dan berbagai aktivitas lainnya. Selain itu, orang tua terkadang membutuhkan bantuan di malam hari. Oleh karena itu, caregiver harus selalu berada di dekatnya

4.    Peduli

Seorang caregiver yang baik juga harus sangat peduli. Ini sangat penting agar dia benar-benar dapat menyelesaikan tugas perawatan lansianya.

Source:

Aging. https://aging.com/what-is-a-caregiver/

Caring Senior Service. https://www.caringseniorservice.com/blog/what-is-a-caregiver

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *