Menu Tutup

Layanan Homecare Pada Pasien Lanjut Usia

Layanan Homecare Pada Pasien Lanjut Usia

Proses menua adalah proses alamiah yang diikuti dengan kemerosotan kondisi fisik, psikis dan sosial yang saling berhubungan. Kondisi yang memburuk ini telah mempengaruhi kemampuan lansia untuk melakukan aktivitas sehari-hari/aktivitas mata pencaharian sehari-hari, yang membutuhkan perhatian dan dukungan dari anggota keluarga, sehingga telah menyebabkan peningkatan pesat dalam permintaan perawatan di rumah. 

Perawat homecare menjadi tahapan keperawatan professional. Homecare mengacu pada perawatan yang diberikan oleh para profesional di rumah ada pasien lanjut usia yang mencakup berbagai kegiatan, dari perawatan preventif sampai akhir kehidupan. Selain perubahan kebijakan perawatan kesehatan dan keinginan untuk tetap di rumah, populasi lanjut usia yang meningkat di seluruh dunia mengakibatkan permintaan untuk perawatan di rumah meningkat dengan cepat (Rioux 2005). Terjadi pergeseran dari perawatan institusional ke perawatan rumah, Akibatnya, Perawatan Home care menjadi arena perawtaan professional dan informal.

Caregiver atau perawat lansia adalah tenaga kesehatan yang merawat atau mendampingi lansia.Staf keperawatan bertanggung jawab merawat orang dengan keterbatasan aktivitas sehari-hari terutama lansia. Pelayanan home care bagi lansia adalah untuk mereka yang membutuhkan pendampingan, misalnya pengasuh di pelayanan homecare harus mendapatkan pelatihan yang tepat dan sesuai dengan metode perawatan medis yang diperlukan untuk mengajarkan pasien cara merawat, memelihara dan melindungi pasien.

 Tenaga keperawatan lansia juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena fungsi pendengaran lansia berkurang, dan kecenderungan gangguan pendengaran Untuk anda yang membutuhkan jasa caregiver atau perawat lansia serta orang sakit profesional dan bersertifikat anda dapat menggunakan

Source:

Thome B., Dykes A.K.&Hallberg I.R. (2003) Home care with regard to definition, care recipients, content and outcome: systematic literature review. Journal of Clinical Nursing 12(6), 860–872

Rioux L. (2005) The well-being of aging people living in their own homes. Journal of Environmental Psychology 25(2), 231– 243.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *