Menu Tutup

Berbagai Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kopi menjadi minuman yang semakin populer, terutama karena maraknya kedai kopi atau coffee shop yang menjual minuman kopi. Meski begitu, tren minum kopi ini perlu dibarengi dengan pemahaman dasar tentang kopi itu sendiri, baik itu tentang manfaat atau pun efek samping. Kopi telah menjadi minuman populer di seluruh dunia. Hampir setiap orang memiliki jenis kopi favoritnya masing-masing dan menikmati rasanya.

Meski rasanya pahit, kopi sudah lama menjadi favorit banyak orang, terutama para pekerja. Orang biasanya memanfaatkan efek penghilang lelah dan kantuk dari kopi. Rasa minuman yang unik ini juga memberikan rasa relaksasi dan santai kepada penikmatnya. Bahkan, minat masyarakat kita sangat tinggi terhadap kopi, Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu, mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Seduhan dari si biji hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung kesehatan tubuh. Polifenol yang disebut asam klorogenik disebut terbukti mengurangi peradangan dan memainkan peran penting melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti obesitas.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit serius seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan penyakit hati.

Manfaat kopi untuk kesehatan:

1.    Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut sebuah penelitian oleh lembaga pendidikan terkenal di dunia, minum kopi dalam jumlah sedang dan rutin dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

2.    Mempertahankan berat badan ideal

Keuntungan lain yang dapat diambil dari konsumsi kopi adalah mempertahankan berat badan yang ideal, bahkan dapat membantu Anda menguranginya.

Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang amat rendah. Selain itu, kandungan kafein dalam minuman ini mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Selain berbagai manfaat di atas, kopi juga bisa digunakan sebagai skincare, seperti scrub atau masker, untuk membersihkan dan memutihkan wajah.

Oleh karena itu, kopi dipercaya bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh tetap langsing. Selain diminum, efek ini juga disebut bisa diperoleh melalui enema kopi. Namun, perlu Anda ketahui, berbagai manfaat kopi di atas masih membutuhkan penelitian lanjutan guna menguatkan bukti-bukti yang ada.

 

3.    Mengurangi risiko diabetes tipe 2
Sebuah meta-analisis dari 30 studi yang diterbitkan sebelumnya menemukan bahwa konsumsi kopi berbanding terbalik dengan risiko diabetes tipe 2. Dalam penelitian itu disebutkan, setiap cangkir kopi per harinya bisa menurunkan risiko pengembangan penyakit ini hingga enam persen.

Kafeinisme memicu ketagihan oleh penikmat kopi karena efek yang telah dirasakan saat diminum. Orang dengan caffein benar-benar dapat menambahkan dosis kopi untuk mendapatkan kembali perasaan tersebut.

Menutur coffee and Health, kafein adalah stimulan herbal yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Kafein memberikan dorongan energi, konsentrasi yang lebih baik dan buang air besar lebih mudah. Kafein dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

 

 

Source:

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-20045678

Gunnars, K. Healthline (2018). 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *