Menu Tutup

Tips Mencegah Jerawat

Tips Mencegah Jerawat

Tumbuhnya jerawat seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Karena jerawat bisa menimbulkan rasa sakit dan bekas luka yang sulit untuk mereda. Namun, ada beberapa cara efektif menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat, Anda harus terlebih dahulu memahami penyebab jerawat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab timbulnya jerawat.

  • Adanya perubahan hormon
  • Masa pubertas
  • Perawatan kulit yang salah
  • Malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka
  • Faktor keturunan
  • Penggunaan kosmetik yang salah
  • Efek penggunaan obat-obatan tertentu
  • Stres
  • Paparan debu dan polusi, dan lainnya.

Biasanya, jerawat akan kempis dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tetapi tak jarang jerawat menimbulkan bekas yang susah pudar.

Agar jerawat tidak muncul, ikuti beberapa tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teratur berikut:

1.    Jaga kebersihan wajah

Basuh wajah kamu maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Hindari menggosok kulit dengan batu apung atau spons kasar. Cuci dengan kain yang lembut atau tangan. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2.    Lembapkan wajah

Banyak produk perawatan kulit yang berformula keras sehingga membuat kulit kering. Gunakan pelembab agar kulit senantiasa lembut, kenyal, dan kencang.

Cari produk berlabel “noncomedogenic” yang bersifat anti jerawat. Ada beberapa pelembap yang dirancang untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi.

3.    Hindari make-up tebal

Menggunakan riasan wajah atau makeup tebal setiap hari dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Jika kamu harus memakai makeup, bersihkan makeup dengan baik sebelum tidur. Pilih jenis kosmetik bebas minyak, tanpa zat pewarna, dan berlabel “noncomedogenic,” yang tidak menyebabkan jerawat.

4.    Pilih produk rambut yang tepat

Penggunaan produk rambut, seperti minyak, pomade, atau gel, bisa memicu terbentuknya jerawat karena menetes ke area wajah. Tips mencegah jerawat yang bisa kamu coba adalah memilih sampo dan kondisioner yang lembut untuk mencegah kulit kepala atau rambut berminyak yang bisa memicu jerawat.

5.    Hindari stress

Para ahli juga mengaitkan stres dengan munculnya jerawat. Semakin tinggi tingkat stres, kamu juga berpotensi besar menghadapi risiko kulit berjerawat karena hormon kortisol yang berlebihan. Tanyakan pada diri apa yang membuat stres, lalu cari solusinya dengan berbicara pada teman, saudara, atau berlibur ke tempat yang menyenangkan. Bila masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan tips mencegah jerawat yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

 

Karena ada banyak faktor yang dapat membuat jerawat muncul. Tentu saja, Anda dapat mengambil beberapa solusi untuk menghilangkan jerawat pada kulit Anda. Untuk alasan ini, inilah cara menghilangkan jerawat yang keras kepala di kulit secara alami:

 

1.    Lidah Buaya
Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Dimana kandungan Polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur. Caranya, Anda bisa mengambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20 – 30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

2.    Putih Telur
Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur ternyata mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara ampuh. Caranya, Anda bisa pisahkan putih telur dari kuningnya. Anda bisa menambahkan air perasan lemon, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3.    Mentimun
Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Dimana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Anda cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur.

4.    Air Lemon
Buah lemon yang memiliki kandungan asam askorbat ini sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit Selain itu, buah ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Caranya, ambil peras 1 buah lemon. Kemudian airnya bisa langsung dioleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

5.    Tomat
Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam buah tomat juga dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya, ambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi 2 bagian. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 – 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

 

Kini menghilangkan jerawat tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami di atas untuk menghilangkan jerawat secara alami yang efektif dan cepat pada kulit. Selain itu, melalui penggunaan sehari-hari, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah seperti kulit pecah-pecah atau bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

 

Source:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4428393/13-cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami-dalam-waktu-singkat

 

 


 


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *