Menu Tutup

Diare

Cegah Diare

Diare adalah suatu kondisi dimana penderita mengalami buang air besar (BAB) lebih dari biasanya. Juga, orang dengan diare memiliki tinja yang encer. Meskipun diare bisa berumur pendek, kadang-kadang berlangsung selama beberapa hari. Dalam beberapa kasus, diare dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Diare ditandai dengan tinja fluktuasi dan frekuensi pertumbuhan bab. Terkadang juga disertai demam. Meskipun kebiasaan bab untuk semua orang dapat berbeda, tetapi bab> 3x per hari dapat dianggap abnormal. Diare dapat terjadi karena makanan atau sisa makanan bergerak terlalu cepat dalam usus kecil. Jadi tubuh tidak memiliki kesempatan untuk menyerap sebagian besar air.

Sinyal Umum dan Gejala Dalam Diare adalah

1.    tinja berair

2.    mual dan muntah

3.    bengkak di lambung

4.    sakit perut

Tetapi dalam diare parah memiliki gejala seperti:

1.    ada darah, lendir dan makanan yang tidak dicerna dalam tinja.

2.    berat badan berkurang.

3.    demam.

Beberapa penyebab diare adalah berikut,

·         Intoleransi terhadap makanan, seperti laktosa dan fruktosa.

·         Alergi makanan.

·         Efek samping dari obat-obatan tertentu.

·         Infeksi bakteri, virus, atau parasit.

·         Penyakit usus.

·         Pasca operasi batu empedu.

·         Radang pada saluran pencernaan, seperti pada penyakit Crohn, kolitis ulseratif, atau kolitis mikroskopik.

·         Irritable bowel syndrome.

·         Penyakit celiac atau penyakit yang menyebabkan tubuh menolak protein gluten.

.

 

Secara umum, obat diare memiliki aturan konsumsi yang berbeda: minum setiap kali setelah bab. Sedikit gagang diare dapat menggunakan obat yang mengandung prinsip-prinsip aktif serangan atau leeromide. Attapulgite adalah unsur aktif yang dapat digunakan untuk mengatasi diare yang bertindak sebagai adsorben yang membantu tubuh menyerap racun yang menyebabkan diare. Loperamid adalah bahan aktif yang bekerja dengan mengurangi gerakan usus untuk mengurangi frekuensi buang air besar dan meningkatkan plot feses. Minta saran farmasi di apotek sehubungan dengan aturan penggunaan dan metode penyimpanan obat.

Sedangkan diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri harus diobati dengan antibiotik, terutama jika setelah pengobatan dengan adsorben selama 24 jam tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan, atau pasien merasa lemah, meskipun adsorben diambil beberapa kali karena mereka juga terbuang. Antibiotik dapat disuplai dengan suspensi. Karena penyebab utama diare adalah E.Coli, Salmonella dan Shigella, baik dalam kasus keracunan dari makanan atau pelancong diare, antibiotik dadu harus efektif untuk ketiga bakteri ini. Perlu diingat bahwa diare terjadi pada anak-anak dan manula membutuhkan perawatan medis segera. Ini untuk menghindari penampilan dehidrasi yang akan hidup dalam bahaya.

Selama Diare, pasti ada beberapa makanan dan minuman yang harus menjadi perhatian, yaitu hindari kopi sementara, cokelat, susu dan produk susu, makanan pedas atau pedas karena akan membuat peristalse usus lebih cepat minum teh pahit atau teh chamomile. Jika diare disertai dengan mual. makan makanan netral, misalnya: sup jagung, biskuit, porridges, kentang atau pisang. Untuk memulihkan keseimbangan elektrolit, yang dapat hilang karena diare, minum cairan eletrolyte seperti pediilyte, terutama untuk anak. Tujuan: Menghindari gejala dehidrasi, ditandai dengan: mulut kering atau menangis tanpa air mata. Tidak ada urin dalam waktu 3 hingga 4 jam

Pencegahan Diare

Beberapa upaya dapat dilakukan untuk mencegah diare, antara lain:

  • Selalu mencuci tangan, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh daging yang belum dimasak, setelah dari toilet, atau setelah bersin dan batuk, dengan menggunakan sabun dan air bersih.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah dimasak hingga matang sempurna, serta menghindari makanan dan minuman yang tidak terjamin kebersihannya.

Source:

https://vivahealth.co.id/article/detail/3032/diare

https://www.halodoc.com/kesehatan/diare

Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Diarrhea?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *