Menu Tutup

Fisioterapi, Jenis Pelayanan dan Kapan diperlukan?

Apa Pria Perlu Untuk Sunat

Fisioterapi adalah suatu pelayanan yang diberikan kepada pasien yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, dan memulihkan kesehatan pasien. Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan yang mengganggu fungsi motorik sehingga mempengaruhi aktivitas fisiknya, fisioterapi bisa memberikan solusi. Dokter dan ahli fisioterapi atau dikenal dengan istilah fisioterapis akan menilai, merencanakan, dan menerapkan program rehabilitasi yang dapat meningkatkan atau memulihkan fungsi motorik manusia, memaksimalkan kemampuan gerak, meredakan gejala nyeri, dan mengobati atau mencegah masalah fisik terkait dengan cedera, penyakit, atau gangguan lain.

Fisioterapi dan Fungsinya Bagi Kesehatan Tulang?         

Dokter dan fisioterapis akan menggunakan beraneka macam terapi dan teknik fisik. Misalnya terapi gerakan, laser, latihan fisik, hingga ultrasonografi. Mereka juga dapat mengembangkan program tertentu untuk screening dan pencegahan penyakit atau gangguan fisik umum. Dokter dan fisioterapis mempunyai pengetahuan khusus mengenai cara kerja tubuh sehingga paham ketika ada gangguan fungsi dan bisa mengambil tindakan yang diperlukan.

Terapis Fisioterapi

Fisioterapis adalah istilah orang yang menjalankan profesi sebagai terapis fisioterapi. Tugas fisioterapis tidak hanya terfokus pada cacat atau cedera yang dialami pasien. Namun, juga pada aspek anggota tubuh lainnya secara keseluruhan.

Beberapa pendekatan yang umum digunakan seorang fisioterapis:

  1. Edukasi: Fisioterapis memberikan edukasi berupa pengetahuan dan saran umum mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara menjaga postur tubuh dan teknik mengangkat/membawa yang benar. Itu semua dilakukan untuk mengurangi potensi cedera pada tubuh.
  2. Latihan dan gerakan: Latihan untuk meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan sendi guna menjaga kesehatan dan mobilitas pasien secara umum. Tujuannya untuk memperkuat bagian tertentu dari tubuh Anda agar tetap aktif.
  3. Terapi manual: Fisioterapis menggunakan tangan mereka untuk membantu menghilangkan rasa sakit, kekakuan, dan mendorong gerakan tubuh yang lebih baik.

Pendekatan lain yang digunakan seorang fisioterapis adalah menggunakan akupunktur. Pada praktiknya jarum halus dimasukkan ke dalam kulit pada titik-titik tertentu di tubuh. Akupunktur telah terbukti efektif dalam mengobati peradangan dan nyeri akibat penyakit kronis. Ultrasonografi, traksi, dan kompres panas dan dingin digunakan sebagai bagian dari perawatan Anda.

Siapa yang Membutuhkan Fisioterapi

Fisioterapi dapat bermanfaat bagi orang-orang dari segala usia dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah yang mempengaruhi:

  • Tulang, persendian dan jaringan lunak – seperti sakit punggung, sakit leher, sakit bahu dan cedera olahraga.
  • Otak atau sistem saraf – seperti masalah keterbatasan gerak akibat stroke, multiple sclerosis (MS) atau penyakit Parkinson.
  • Jantung dan sirkulasi – seperti rehabilitasi setelah serangan jantung.
  • Paru-paru dan pernapasan – seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan fibrosis kistik.

Source: https://www.nhs.uk/conditions/physiotherapy/

 

NHS. Diakses pada 2021. Physiotherapy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *