Menu Tutup

Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemic

Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama satu setengah tahun. Pada titik ini, banyak orang telah memahami pentingnya menjaga kesehatan mereka selama pandemi. Namun, banyak orang juga lupa bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Kebijakan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi membuat banyak dinas dan departemen lain memberlakukan WFH (Work From Home) untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Salah satu cara untuk menghindari kebosanan dan stres adalah dengan menjaga kesehatan mental. Beberapa penelitian kesehatan mental Covid-19 telah menemukan bahwa pikiran negatif dan pengalaman buruk terkait dengan isolasi jangka panjang. Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, sehingga perlu disosialisasikan. Merasa kesepian atau terisolasi dapat meningkatkan tekanan mental pasien.

Tidak hanya pasien positif Covid-19, masyarakat secara keseluruhan juga menghadapi ancaman kesehatan mental akibat pembatasan sosial yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona. Kondisi yang membatasi aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan depresi atau perasaan stres. Awalnya, ketika orang harus tinggal di rumah untuk waktu yang lama, mereka bosan. Seiring waktu, kebosanan ini dapat berkembang menjadi depresi dan kecemasan Selama pandemi Covid-19, banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan.

Setiap orang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain kesehatan fisik, kita juga membutuhkan kesehatan mental untuk berhasil di masa yang penuh tantangan ini. Jika kita tidak bisa mengelola stres dengan baik, kehidupan kita sehari-hari akan terganggu. Durasi stres yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, dan penurunan kesehatan fisik.

Bagaimana cara kita mengajaga kesehatan mental saat pandemi?

1.      Kurangi mengonsumsi informasi soal pandemic

Tidak ada salahnya mengikuti perkembangan informasi soal pandemi. Namun, terus-terusan terpapar informasi tersebut bisa berdampak buruk pada mental.

2.      Menjaga komunikasi dengan keluarga

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja Anda, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang dirasakan dapat berkurang sehingga Anda bisa lebih tenang.

3.      Luangkan waktu untuk hobi

Selama menjalani karantina di rumah, Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai, misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

4.      Konsumsi makanan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu.

5.      Bersosialisasi dengan orang lain

Social distancing atau pembatasan jarak sosial bukan berarti kita harus berhenti bersosialisasi, lho. Saling mendukung satu sama lain justru menjadi kunci untuk hidup di masa pandemi. Selain itu, sda kalanya kita butuh orang lain untuk mendengarkan keluh kesah kita selama masa sulit ini. Beruntungnya, pandemi ini terjadi di masa teknologi sudah berkembang pesat. Ada banyak sekali sarana berkomunikasi yang bisa kita manfaatkan tanpa harus bertatap muka langsung.


Tetaplah memakai masker dan menjaga jarak untuk mengurangi risiko infeksi Covid-19, Jangan tempatkan diri Anda atau orang lain dalam risiko infeksi Covid-19 dengan mengabaikan protokol kesehatan. Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi seperti ini. Namun, cobalah untuk selalu berpikir positif dan bersyukur. Jika stres dan ketakutan yang Anda alami terasa sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Source:
https://kesehatan.kontan.co.id/news/menjaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-ini-caranya-1

https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/8-cara-menjaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-covid-19/

https://www.alodokter.com/menjaga-kesehatan-mental-saat-pandemi-virus-corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *