Menu Tutup

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Selama ini, mentimun menjadi salah satu lalapan populer. Anda juga akan mudah menemukannya dalam acar sebagai pendamping makanan-makanan berat. Selain menyegarkan, Manfaat ketimun untuk kesehatan tubuh didapat dari zat antioksidan dan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, ketimun juga rendah kalori, tapi mengandung air dan serat yang cukup tinggi. Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. mentimun mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  

Berikut manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh Anda

1. Mencegah Hidrasi

Agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi dan terhindar dari dehidrasi, Anda perlu minum air sekitar 7−8 gelas per hari. Namun, jika merasa bosan dengan air putih, Anda bisa memasukkan potongan ketimun atau buah lainnya ke dalam air untuk membuat infused water. Ini akan membuat air minum menjadi lebih segar dan bernutrisi.

2. Kesehatan Kulit dan Rambut 

Mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari.  Anda bisa menggosokkan kulit mentimun ke bagian kulit yang iritasi.

Mentimun juga mengandung sulfur dan silikon untuk pertumbuhan rambut sehat.  Selain itu, irisan mentimun juga bermanfaat meringankan bengkak di bawah mata. 

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Riset menunjukkan bahwa asupan tinggi antikosidan dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar. Manfaat ketimun untuk mencegaj kanker ada berkat kandungan antioksidan cucurbitacinlignan, dan flavonoid di dalamnya yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanke

4. Mengatasi Mata Panda

Tidak hanya untuk kulit iritasi, mentimun juga bermanfaat untuk meringankan bengkak di bawah mata. Kamu bisa menggunakan beberapa iritasi timun, kemudian gunakan irisan tersebut sebagai masker mata.

Mata akan terasa lebih segar dan terhidrasi, sehingga tampak lebih cerah. Hal ini berkat tingginya kandungan air, vitamin C, dan asam caffeic yang merupakan bahan kimia alami yang bersifat anti-inflamasi.

5. Kaya Antioksidan

Salah satu dampak buruk dari terpapar radikal bebas adalah dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, autoimun, dan penyakit paru-paru.

Mentimun yang sangat kaya akan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi kondisi tersebut. Antioksidan mentimun mengandung flavonoid dan tanin yang mana merupakan dua senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas yang berbahaya.

Ketimun sering disajikan sebagai hiasan makanan atau dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau rujak. Namun, ketimun juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Tips Menyajikan Minuman Mentimun Untuk Diet

                Bahan – bahan:

·                 1 Buah Timun

·                 1 Ruas Jahe

·                 1 Jeruk Nipis

·                 1 Sdm Madu

·                 1 Batang serai ambil bagian putihnya

Langkah – langkah

1.      Blender/parut timun, jahe, serai.

2.      Kemudian saring, buang ampasnya. Masukkan ke dlam gelas,,kasih perasan jeruk nipis dan madu untuk memberikan rasa manis alami. Aduk rata,langsung sajikan dan minum.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *