Menu Tutup

Makanan Untuk Mempercepat Pemulihan Pasca Covid-19

Makanan Untuk Mempercepat Pemulihan Pasca Covid-19

Pandemi Covid-19 belum berakhir, masyarakat harus terus menjalani protokol kesehatan 5M secara ketat, melakukan vaksinasi, serta menjaga daya tahan tubuh. Pasca perawatan, baik isolasi mandiri maupun dirawat di rumah sakit. Proses kesembuhan pasien Covid-19.

Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan paca Covid-19. Makanan pokok mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat tidak boleh ditinggalkan. Protein adalah sumber makanan yang sangat baik di masa penyembuhan. Selain itu mencukupi kebutuhan cairan dengan perbanyak minum air putih. 19 salah satunya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi yang bergizi dan menjaga imunitas.

Makanan bergizi menjadi salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan. Selain bergizi seimbang, makanan juga harus diolah dengan tepat, jangan sampai malah menjadi bumerang bagi tubuh.

Dilansi dari WHO, berikut nama yang baik dikonsumsi saat terkena Covid-19:

1.    Konsumsi banyak serat dan sayur

WHO menyarankan untuk makan 4 porsi buah, 5 porsi sayuran, 180 gram biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap hari. Sedangkan untuk daging merah, bisa dikonsumsi dua kali per minggu dan unggas dikonsumsi dua hingga tiga kali per minggu

2.    Makanan segar dan tidak diproses

Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, telur, ikan, dan susu sangat direkomendasikan guna menjaga kesehatan di tengah pandemi.

3.    Jaga tubuh tetap terhidrasi (banyak konsumsi cairan atau air

Selain nutrisi, asupan hidrasi pada tubuh juga sangat penting. Karena itu kebutuhan air sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. Agar tubuh tetap fit dan bugar selama pandemi Covid-19, dianjurkan untuk meminum delapan hingga sepuluh gelas air setiap hari. Meski air mineral merupakan pilihan terbaik, asupan air juga bisa didapat melalui buah dan sayur dengan kandungan air yang melimpah. Namun, hindarilah mengonsumsi jus buah kemasan atau minuman ringan (soft drink) karena mengandung gula yang tinggi.

Untuk menambah asupan gizi dan meningkatkan imunitas, para penderita COVID-19 bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut, di antaranya:

1.    Jahe

Rasa hangat jahe ampuh untuk mengurangi peradangan dan sakit tenggorokan akibat COVID. Jahe juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Kamu bisa mengolahnya menjadi wedang atau ditambahkan pada masakan.

2.    Yoghurt

Dalam yoghurt terdapat vitamin D, yang mengurangi risiko terjangkitnya infeksi pada saluran pernapasan dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi yogurt langsung atau dengan buah-buahan.

3.    Ikan salmon

Ikan salmon menyimpan Omega-3 yang bagus untuk melawan proses peradangan. Selain itu, ikan ini juga membantu mengatasi kesulitan tidur yang biasanya muncul sebagai salah satu gejala COVID-19.

4.    Air kelapa muda

Air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, meningkatkan imun tubuh, serta menghambat penyakit bawaan untuk menimbulkan risiko yang lebih tinggi bagi mereka yang terpapar Covid-19.

5.    Alpukat

Kandungan asam lemak Omega-3, vitamin A dan vitamin E pada alpukat, tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tapi juga membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan, stress hingga depresi.

Salah satu gejala Covid-19 adalah mual dan muntah, oleh karena itu hindari makanan yang pedas dan asam agar lambung tak makin bermasalah. Makanan pedas dan asam dapat juga dapat mengiritasi tenggorokan.

Itulah rekomendasi makanan untuk penderita Covid-19. Bijaknya memilih dan mengolah makanan sesuai dengan gelaja dan riwayat penyakit yang dialami. Selain itu, jangan lupa untuk terus berdoa dan mengikuti protokol kesehatan, ya!

Source:  https://www.guesehat.com/makanan-untuk-mempercepat-pemulihan-pasca-covid

https://www.popbela.com/lifestyle/food/natasha-cecilia-anandita/tips-dan-rekomendasi-makanan-untuk-penderita-covid/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *