Menu Tutup

Pandemic Belum Usai

Pandemi Belum Usai

Untuk wilayah luar Pulau Jawa-Bali, penerapan perpanjangan PPKM berlaku hari ini hingga 6 September 2021. Dengan adanya penurunan jumlah kasus aktif, kini daerah level 4 berkurang dari 11 provinsi menjadi tujuh provinsi. pemerintah mulai membuka sejumlah aktivitas kegiatan di beberapa kota besar sejak pekan lalu. Sejumlah daerah dengan PPKM level 4 diizinkan membuka kegiatan di pasar rakyat yang menjual non kebutuhan sehari-hari, pusat perbelanjaan atau mal, dan aktivitas makan di tempat dengan beberapa ketentuan. Tempat ibadah juga telah dibuka untuk kegiatan ibadah dengan pembatasan kapasitas. Selain itu, daerah dengan PPKM level 3 dan 2 sudah diizinkan membuka sekolah untuk kegiatan belajar tatap muka.

 

Sudah lebih dari setahun sejak pertama kali kasus COVID-19 pertama kali diumumkan pada Maret 2020 lalu. Berbagai upaya dilakukan untuk membendung laju penularan virus corona SARS-CoV-2, salah satunya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Faktanya, selain COVID-19, ternyata ada berbagai masalah kesehatan yang juga mengancam selama PPKM di masa pandemic COVID-19. Berikut ini diantara nya:

1.    Kenaikan berat badan yang berlebih

Perubahan pola hidup selama pandemik COVID-19 bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Berbagai kegiatan lebih banyak di rumah selama PPKM, sehingga intensitas melakukan aktivitas fisik menjadi berkurang.

Energi yang seharusnya digunakan untuk berjalan ke kantor, naik turun tangga, atau aktivitas fisik lainnya menjadi berkurang bila tempat kamu bekerja menerapkan pengaturan work from home (WFH). Akan lebih buruk lagi bila kamu seharian di rumah tanpa melakukan olahraga.

Kenaikan berat badan yang terjadi secara terus-menerus dapat membuat seseorang memiliki status gizi overweight atau kelebihan berat badan, bahkan obesitas. Untuk mencegahnya, terapkanlah pola makan sehat bergizi seimbang dan rutin melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, yoga, bersepeda

2.    Masalah kesehatan mata

Selama PPKM, penggunaan komputer, laptop, atau perangkat elektronik lainnya sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan di tengah pandemik. Tak jarang 8-12 jam tiap harinya dihabiskan di depan layar. Ini tentu dapat memicu gangguan pada kesehatan mata, seperti digital eye strain atau computer vision syndrome.

Agar kesehatan mata tetap terjaga, atur pengaturan cahaya yang sesuai pada layar, atur jarak mata dengan layar, istirahatkan mata sejenak secara rutin, dan bila diperlukan dapat menggunakan obat tetes mata.

3.    Stress

Selama PPKM, banyak orang yang merasa khawatir dengan kesehatannya, ruang untuk bersosialisasi dibatasi, dan banyak hal lainnya yang dapat menimbulkan stress. Padahal, stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, kamu harus mampu mengelola stres dengan baik. Di antaranya adalah dengan membatasi paparan informasi seputar COVID-19, olahraga rutin, meditasi, melakukan hobi, me-time, berkomunikasi dengan sahabat atau keluarga, atau bisa pula menggunakan layanan konseling online dengan psikolog bila diperlukan.

4.    Nyeri leher dan punggung

Diperkirakan sebanyak 70,5 persen pekerja yang menggunakan komputer selama WFH mengalami nyeri pada bagian tubuh, baik itu leher, punggung, maupun kaki.

Nyeri yang timbul ini bisa disebabkan karena postur tubuh yang salah saat bekerja atau belajar di depan layar komputer. 

5.    Insomnia

Perubahan pola hidup, kecemasan, berita duka, ketakutan akan terinfeksi COVID-19, pekerjaan yang menumpuk, konflik dengan pasangan, dan masalah lainnya dapat memengaruhi waktu dan kualitas tidur yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

Sebaik mungkin cobalah untuk menjaga kuantitas dan kualitas tidur yang sehat selama PPKM. Tidurlah setidaknya 6-9 jam setiap malamnya.

Itulah berbagai masalah kesehatan yang juga perlu diwaspadai selama PPKM selain COVID-19. Terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, kelola stres dengan baik, tidur cukup, dan tak lupa disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kita pasti bisa melalui ini semua. 

Source: https://www.idntimes.com/health/fitness/debby-putri/waspada-masalah-kesehatan-ini-selama-ppkm-selain-covid19-c1c2/5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *