Menu Tutup

Waktu Terbaik Konsumsi Yogurt

Waktu Terbaik Konsumsi Yogurt

menjaga pencernaan, mendukung sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan secara optimal. Namun, ketika yogurt dikonsumsi setelah makan, probiotik berisiko mati sebelum mencapai usus besar. Ketika terkena asam lambung yang dihasilkan selama pencernaan makanan, bakteri menguntungkan ini mati. Namun, probiotik yang sudah mati atau menjadi mayat tetap memiliki efek kesehatan bagi tubuh.

Saat perut kosong, sebenarnya lambung masih memproduksi asam, namun tidak sebanyak setelah makan.

Berikut ini 7 manfaat yoghurt yang luar biasa:

1.    Kaya nutrisi

Yoghurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat yoghurt dikenal mengandung banyak kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Manfaat yoghurt juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi dari penyakit jantung dan cacat lahir pada bayi.  Kandungan nutrisi lain dalam yoghurt seperti fosfor, kalium, dan magnesium. Mineral-mineral ini penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

2.    Menguatkan sistem imun

Manfaat minum yoghurt secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi kemungkinan tubuh tertular penyakit. Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. Yoghurt yang diperkaya vitamin D terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.

3.    Melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus

Yoghurt mengandung probiotik alias bakteri baik seperti lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium. Bakteri ini berfungsi mengatasi bakteri H. pyloru penyebab infeksi pencernaan di dalam usus serta lambung. Karena itu, yoghurt efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare.

4.    Sumber protein yang baik

Setiap jenis yogurt mungkin mengandung protein dalam jumlah yang berbeda. Apabila anda mencari kandungan protein tertinggi, cobalah greek yogurt. Dalam 6 ons greek terkandung 15 – 20 gram protein yang kira-kira setara dengan 30% kebutuhan harian.

5.    Menjaga berat badan

Mengonsumsi yoghurt bisa jadi alternatif camilan saat diet, karena mengenyangkan, rendah kalori, dan tinggi protein. Kandungan protein, kalsium, dan probiotik dalam yoghurt bisa memicu produksi hormon antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Sehingga, nafsu makan dapat ditekan dan rasa kenyang bertahan lebih lama.

 

Source:

https://www.alodokter.com/beberapa-manfaat-yogurt-yang-bisa-didapat

https://newssetup.kontan.co.id/news/khasiat-yoghurt-bagi-kesehatan-bisa-meningkatkan-daya-tahan-tubuh

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-yogurt/

 

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/manfaat-baik-yoghurt-dan-waktu-mengonsumsinya/2/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *