1%
5 Skill yang dibutuhkan perawat homecare, apa saja?
Perawat
431
Creator: Indo Homecare Jumat, 19 November 2021

Selain dokter, ada juga perawat dan tenaga medis yang sering kita jumpai saat mengunjungi fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Dokter tidak hanya memainkan peran penting dalam merawat pasien, terkadang dokter juga akan mengalami kesulitan saat menangani pasien bila tak dibantu oleh perawat.

Merawat orangtua di hari tua, merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap anak, namun karena tuntutan hidup, mereka juga harus bekerja dan tidak bisa merawat orang tua sepanjang hari. 

Tapi sekarang ada banyak perusahaan penyedia perawatan di rumah, Anda harus berhati-hati saat memilih perawat. Peran perawat sendiri adalah memberikan asuhan kepada pasien, keluarga, atau masyarakat dan bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan, pelayanan medis, dan pencegahan penyakit. Untuk melaksanakan tugas tersebut, perawat perlu memiliki banyak keterampilan, 

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk membantu Anda memilih perawat homecare yang tepat:

  1. Dapat beradaptasi dengan cepat
    Seorang caregiver harus mampu beradaptasi dengan cepat, tidak hanya lansia yang membutuhkan perawatan. Tetapi dengan anggota keluarga lainnya dan orang-orang di sekitar mereka. Anda perlu segera mengetahui kepribadian dan hal-hal penting apa yang dibutuhkan lansia. Anda juga harus memeriksa area di sekitar rumah tempat mereka merawat orang tua sehingga mereka dapat mengetahui apa yang harus dilakukan terlebih dahulu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  2. Sebagai Edukator atau Memberikan Edukasi
    Perawat harus dapat membantu pasien, keluarga, atau masyarakat mengembangkan pengetahuan tentang kesehatannya, gejala penyakitnya, dan tindakan yang diambil dalam menanggapi kondisinya. Dalam hal ini, perawat kadang-kadang disebut sebagai pendidik, dan informasi diberikan kepada pasien, keluarga, atau masyarakat melalui pengetahuan yang diperoleh tentang keperawatan dan perawatan medis.
  3. Memberikan pertolongan pertama dalam kondisi gawat darurat
    Dalam keadaan darurat, perawat dapat memberikan pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa pasien dan mencegah kecacatan lebih lanjut. Contoh pertolongan pertama yang dapat dilakukan antara lain memompa jantung saat henti jantung dan memberikan bantuan pernapasan. keterampilan yang harus dimiliki perawat di atas menunjukkan bahwa menjadi perawat bukanlah tugas yang mudah. Keterampilan ini juga membutuhkan kesabaran bagi mereka untuk berhasil menjalankan misi mulia mereka.
  4. Dapat bertindak sebagai konsultan dan penasihat pasien
    Selain melakukan tindakan medis, perawat harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasien. Perawat harus mampu memberi nasihat kepada pasien tentang kesehatannya, pencegahan penyakitnya, dan upaya peningkatan kesehatan lainnya. Selain itu, bersama dengan dokter, perawat juga harus mampu terlibat dalam konseling pasien dan keluarganya untuk menentukan pengobatan pasien.
  5. Sebagai Pemberi Asuhan Keperawatan
    Perawat harus mampu merawat pasien dan lingkungan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Beberapa tugas yang dilakukan oleh pengasuh adalah:
  • Menyediakan kebutuhan perawatan dan kebersihan sehari-hari untuk pasien
  • Mengkoordinasikan bagian dan nutrisi pasien
  • Membantu mobilitas pasien
  • Mengatur jadwal berobat ke dokter dan jadwal mengkonsumsi obat
  • Memeriksa tanda-tanda vital seperti tekanan darah, suhu tubuh,  nadi, pernapasan.

Referensi
  • Tidak ada referensi

Komentar

Posting Sebuah Komentar
Anda belum login, silahkan login disini!
Belum ada komentar