Menu Tutup

5 Makanan dapat Cegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan karena kerusakan sel-sel tulang hingga mengakibatkan tulang menjadi keropos. Osteoporosis sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Osteoporosis bisa terjadi karena kekurangan kalsium. Kondisi ini dapat menyebabkan kepadatan tulang seseorang berkurang bahkan hilang. Sehingga hal ini membuat tulang mudah rapuh dan rentan mengalami cedera.

Nutrisi untuk mencegah osteoporosis adalah kalsium dan vitamin D. Makanan yang mengandung kalsium berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan Vitamin D membantu proses penyerapan kalsium. Apa saja makanan yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis?

Susu dan Produk Olahannya

Susu memiliki kandungan kalsium tinggi yang berguna untuk menguatkan tulang. Sedangkan produk olahannya seperti Keju dan Yoghurt memiliki kandungan vitamin D tinggi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang. Sehingga resiko terkena osteoporosis dapat dikurangi.

Alpukat

Alpukat mempunyai vitamin D, kalsium maupun vitamin K yang berfungsi untuk kepadatan tulang sehingga berfungsi mencegah osteoporosis.

Ikan Salmon dan Sarden

Ikan jenis sarden dan salmon mengandung vitamin D dan asam lemak omega-23

Kacang Almond

Almond mendukung kesehatan tulang dengan berbagai cara. Seperti kacang dan biji-bijian lainnya, almond kaya akan kalsium, magnesium, dan protein.

Nutrisi penting yang membantu membangun tulang yang kuat dan sehat ada pada almond. Makan segenggam kacang sehari (itu berarti sekitar 23 kacang almond). Jika Anda tidak suka makan almond, cobalah pistachio atau biji bunga matahari, keduanya memiliki manfaat yang sama.

Sayuran Hijau

Sumber kalsium lain selain susu di antaranya sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, brokoli, dan sawi memiliki banyak kalsium, ditambah dengan kalium dan vitamin K yang dibutuhkan untuk memblokir hilangnya kalsium dari tulang.

Referensi :

  • https://jatimnet.com/4-asupan-sehat-untuk-mencegah-osteoporosis-apa-saja
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635880/manfaat-alpukat-bisa-cegah-osteoporosis-hingga-penyakit-kronis
  • https://www.halodoc.com/artikel/bisakah-rutin-konsumsi-susu-cegah-osteoporosis
  • https://tirto.id/makanan-untuk-mencegah-osteoporosis-brokoli-hingga-ikan-elbP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *